Carilah Kandidat yang "Tak Tersandera"

Kompas.com - 23/06/2011, 11:25 WIB
EditorGlori K. Wadrianto

SEMARANG, KOMPAS.com - Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Diponegoro Semarang, meminta agar panitia seleksi pimpinan KPK mampu mengakomodasi para pendaftar yang tidak tersandera kepentingan politik.

Hal itu terungkap dalam unjukrasa yang digelar, Kamis (23/6/2011). Menurut Presiden BEM Undip Indra Permana, aksi ini perlu dilakukan karena panitia seleksi sangat rentan mendapat titipan dari partai politik.

"Apalagi dalam sebuah riset juga menyimpulkan bahwa parpol memiliki peringkat tinggi dalam hal korupsi. Jika pansel tidak berhati-hati, KPK akan tersandera dan tidak akan bisa bekerja efektif," kata Indra.

Selain parpol, lanjut Indra, ancaman pemandulan KPK secara sistematis bisa berasal dari para koruptor. Sebab sistem hukum yang tidak memiskinkan para koruptor, ternyata tak memberi efek jera, bahkan si koruptor malah mampu memperkuat jaringan.

"Karenanya kami menuntut agar orang-orang yang berintegritas dan tidak tercela, jangan sampai dikalahkan oleh mereka yang memiliki jejaring dengan koruptor," kata Indra.

Unjukrasa kali ini dilakukan dengan sangat minimalis. Para mahasiswa hanya mengenakan topeng yang berhiaskan tanda tanya. "Intinya, siapapun yang nantinya jadi pimpinan KPK kami harapkan bisa mengemban ekspektasi publik yang sangat tinggi," tambah Indra.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.