Pendukung Ba'asyir Mulai Padati PN Jaksel

Kompas.com - 16/06/2011, 08:04 WIB
EditorInggried

JAKARTA, KOMPAS.com - Ratusan pendukung terdakwa kasus terorisme Abu Bakar Ba'asyir mulai mendatangi Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (16/6/2011) pagi. Kedatangan ratusan pendukung yang sebagian besar memakai sorban dan baju koko tersebut dimaksudkan untuk memberikan dukungan bagi Ba'asyir yang akan menjalani persidangan pembacaan vonis di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada pukul 09.00 WIB.

"Takbir, Allahu Akbar! Takbir! Allahu Akbar," teriak ratusan pendukung Ba'asyir sebelum memasuki area PN Jakarta Selatan yang dikawal ketat personel kepolisian.

Menurut informasi, massa pendukung Ba'asyir diperkirakan hadir sekitar 400 orang. Ratusan orang tersebut berasal dari beberapa pelosok daerah mulai dari Surabaya, Solo, hingga Jakarta. Ribuan aparat kemananan yang melakukan penjagaan merupakan gabungan dari Polda Metro Jaya, Mabes Polri, dan personel TNI untuk mengantisipasi kerusuhan akibat membludaknya massa pendukung Ba'asyir.

Kendaraan taktis dan penembak jitu (sniper) juga turut disiagakan. Pantauan Kompas.com, hingga berita ini diturunkan, ratusan aparat keamanan lengkap dengan senjata laras panjangnya telah berjaga-jaga di halaman dalam maupun di luar PN Jakarta Selatan. Selain itu, mobil Jihandak, dan Baracuda kepolisian juga nampak parkir di halaman dalam pengadilan.

Seperti diberitakan, jaksa penuntut umum (JPU) mengajukan tuntutan hukuman seumur hidup kepada Abu Bakar Ba'asyir. JPU menganggap Abu Bakar Ba'asyir mengetahui dan terlibat dalam pelatihan militer di pegunungan Jalin Jantho, Aceh. Vonis terhadap Ba'asyir akan dibacakan majelis hakim yang diketuai Herry Swantoro pada Kamis (16/6/2011) di PN Jakarta Selatan, Jalan Ampera Raya. Sebanyak 3.831 personel pasukan pengamanan yang terdiri dari 2.886 personel Polda Metro Jaya, 395 personel TNI, dan 550 personel Mabes Polri disiagakan di lokasi pengadilan. Pengamanan tidak hanya dilakukan di Jakarta, tapi Polda-polda di sejumlah daerah juga bersiaga mengantisipasi teror dilakukan di luar wilayah Jakarta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.