Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakai Nama iCloud, Apple Digugat

Kompas.com - 13/06/2011, 14:34 WIB

SAN FRANCISCO, KOMPAS.com — Penggunaan merek iCloud oleh Apple untuk layanan berbasis cloud terbarunya ternyata berbuntut masalah. Nama tersebut sudah lebih dulu digunakan iCloud Communications, sebuah perusahaan di Arizona, AS, yang bergerak di bidang telekomunikasi.

Perusahaan tersebut pun mengajukan gugatan terhadap Apple ke pengadilan. Mereka telah menggunakan nama iCloud untuk menamai model pengiriman data komputer dan elektronik jauh-jauh hari sebelum Apple menggunakannya mulai 6 Juni 2011.

iCloud Communications merasa dirugiakan secara bisnis terhadap penggunaan nama tersebut. Keresahan yang menjadi dasar gugatan adalah, saat ini merek iCloud langsung diasosiasikan ke Apple ketimbang iCloud Communications.

Dalam gugatan itu, Apple didesak menghentikan penggunaan merek tersebut, baik di semua perangkat maupun media promosinya. Selain itu, iCloud Communications juga menggugat sejumlah uang atas potensi kerugian yang sudah dialami akibat penggunaan merek iCloud oleh Apple. Tidak disebutkan berapa besar nilai tuntutan tersebut.

Bukan kali ini saja Apple mendapat gugatan soal penggunaan merek orang lain. Nama iPhone dan iPad juga mengalami hambatan serupa. Bahkan pada tahun 1970-an, penggunaan nama Apple digugat oleh Apple Corp yang merupakan perusahaan rekaman untuk grup musik Beatles.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com