Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cukupi Zat Besi Cegah Perdarahan

Kompas.com - 07/06/2011, 17:10 WIB

Kompas.com - Perdarahan saat persalinan masih menjadi penyebab utama kematian ibu di Indonesia (28 persen). Faktor risikonya menjadi lebih besar jika ibu hamil menderita anemia atau kekurangan zat besi.

Perdarahan dapat terjadi karena berbagai sebab, antara lain gangguan pada rahim, gangguan pembekuan darah, serta gangguan proses pengerutan rahim terganggu karena dinding rahim kurang kuat berkontraksi.

"Karena kontraksi rahimnya lemah maka perdarahan sulit berhenti. Jika ini terjadi di daerah yang akses menuju rumah sakit sulit tentu bisa berakibat fatal, yakni kematian ibu," kata dr.Inge Permadhi Sp.GK, ahli gizi klinik dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dalam acara Nutritalk yang digelar oleh Sari Husada di Jakarta (7/6).

Anemia, yang ditandai dengan kadar hemoglobin kurang dari 11/dl, patut diwaspadai. Menurut dr.Inge sebenarnya kondisi ini bisa dicegah dengan cara mencukupi kebutuhan zat besi (Fe) sejak pra kehamilan.

"Pola hidup sehat hendaknya sudah dilakukan jauh sebelum kita merencanakan kehamilan. Caranya adalah mengonsumsi zat gizi yang seimbang, terutama zat besi, kalsium, asam folat dan omega 3 saat hamil," paparnya.

Pola makan yang buruk sebelum hamil, misalnya diet ketat atau kurang gizi juga akan memicu anemia. "Konsumsi sumber-sumber alami zat besi baik itu yang hewani atau nabati. Sumber yang hewani seperti daging lebih mudah diserap tubuh," imbuhnya.

Perempuan yang memiliki cadangan besi yang cukup sebelum hamil akan mencegah bayi mengalami anemia. Bayi yang menderita anemia akan lebih mudah terserang penyakit dan kemampuan berpikirnya lebih lambat dibanding anak yang sehat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com