Cukupi Zat Besi Cegah Perdarahan

Kompas.com - 07/06/2011, 17:10 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Perdarahan saat persalinan masih menjadi penyebab utama kematian ibu di Indonesia (28 persen). Faktor risikonya menjadi lebih besar jika ibu hamil menderita anemia atau kekurangan zat besi.

Perdarahan dapat terjadi karena berbagai sebab, antara lain gangguan pada rahim, gangguan pembekuan darah, serta gangguan proses pengerutan rahim terganggu karena dinding rahim kurang kuat berkontraksi.

"Karena kontraksi rahimnya lemah maka perdarahan sulit berhenti. Jika ini terjadi di daerah yang akses menuju rumah sakit sulit tentu bisa berakibat fatal, yakni kematian ibu," kata dr.Inge Permadhi Sp.GK, ahli gizi klinik dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dalam acara Nutritalk yang digelar oleh Sari Husada di Jakarta (7/6).

Anemia, yang ditandai dengan kadar hemoglobin kurang dari 11/dl, patut diwaspadai. Menurut dr.Inge sebenarnya kondisi ini bisa dicegah dengan cara mencukupi kebutuhan zat besi (Fe) sejak pra kehamilan.

"Pola hidup sehat hendaknya sudah dilakukan jauh sebelum kita merencanakan kehamilan. Caranya adalah mengonsumsi zat gizi yang seimbang, terutama zat besi, kalsium, asam folat dan omega 3 saat hamil," paparnya.

Pola makan yang buruk sebelum hamil, misalnya diet ketat atau kurang gizi juga akan memicu anemia. "Konsumsi sumber-sumber alami zat besi baik itu yang hewani atau nabati. Sumber yang hewani seperti daging lebih mudah diserap tubuh," imbuhnya.

Perempuan yang memiliki cadangan besi yang cukup sebelum hamil akan mencegah bayi mengalami anemia. Bayi yang menderita anemia akan lebih mudah terserang penyakit dan kemampuan berpikirnya lebih lambat dibanding anak yang sehat.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.