Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kontes Kecantikan Mencetak "Beautypreneurship"

Kompas.com - 31/05/2011, 22:05 WIB

KOMPAS.com - Kontes kecantikan Miss Indonesia memasuki tahun ketujuh. Ajang kecantikan ini bukan sekadar mencari sosok perempuan muda yang cantik, bertalenta, tetapi juga berkepribadian baik. Kontestan perempuan usia 17-23 tahun bisa menjadi role model, termasuk untuk menjadi beautypreneurship. Pendiri Martha Tilaar Group, Dr Martha Tilaar, mengatakan kontes kecantikan merupakan peluang bagi perempuan muda untuk maju dan menonjolkan diri.

"Melalui ajang ini, talenta bisa dikembangkan, karena ajang ini merupakan peluang untuk memperkenalkan talenta diri. Banyak yang ingin terkenal melalui ajang ini, namun perilaku tetap harus dijaga, jangan sombong, dan mencerminkan karakter perempuan cantik lahir batin. Perempuan juga bisa menunjukkan keahliannya menjadi beautypreneurship. Jangan hanya mencari pekerjaan, tetapi menciptakan pekerjaan. Jangan hanya merias diri, tetapi juga bisa merias orang lain," jelas Martha, di sela beauty workshop untuk finalis Miss Indonesia 2011 yang berlangsung di Puspita Martha International Beauty School, Jakarta Pusat, Selasa (31/5/2011).

Menurut Martha, kontestan Miss Indonesia tak hanya berpeluang menjadi terkenal. Ajang ini membuka peluang  bagi perempuan muda untuk menggali potensi diri dan berkembang di bidang kecantikan. Entah sebagai model, make up artist, dan entrepreneur di bidang kecantikan. Bagi Martha, dengan menjadi finalis Miss Indonesia 2011 para perempuan ini sudah menjadi pemenang dan role model bagi perempuan Indonesia.

"Mereka terpilih dari ribuan perempuan yang mendaftarkan diri di ajang ini. Meskipun tak menang, mereka sudah menjadi finalis, menjadi role model bagi ratusan juta perempuan di Indonesia," lanjutnya.

Peraih gelar Miss Indonesia 2011 yang akan diumumkan 3 Juni 2011 nanti, tak hanya menjadi contoh kecantikan lahir batin. Mereka juga bisa menjadi role model untuk menumbuhkan nasionalisme.

"Melalui Miss Indonesia, nama Indonesia sebagai bangsa dan negara bisa dikenal. Pakaian tradisional, atau produk lokal dari Indonesia bisa dikenalkan di panggung dunia. Nanti di ajang Miss World di London, nama Indonesia bisa muncul. Itulah sebabnya saya bergairah mendukung Miss Indonesia," jelas Martha. Dengan demikian, Miss Indonesia bisa menjadi duta Indonesia di kancah dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com