Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dubes Australia Ziarahi Makam Gus Dur

Kompas.com - 30/05/2011, 19:32 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com--Duta Besar Australia untuk Indonesia Greg Moriarty akan menziarahi makam Abdurrahman Wahid atau Gus Dur di kompleks Pondok Pesantren Tebuireng, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang.

"Secara khusus, saya memberikan penghormatan kepada tokoh-tokoh yang memainkan peran demikian penting dalam perjuangan kemerdekaan, demokratisasi, dan pendirian Nahdlatul Ulama," kata Moriarty dalam keterangan persnya kepada ANTARA di Surabaya, Minggu sore.

Ziarah tersebut merupakan salah satu rangkaian kunjungan kerja Dubes Australia di Provinsi Jawa Timur, Senin (30/5).

Di kompleks makam keluarga besar PP Tebuireng itu dia juga akan melakukan tabur bunga di atas pusara Hadratus Syeikh KH Hasyim Asy?ari dan KH A Wahid Hasyim, keduanya kakek dan ayahanda Gus Dur.

Hasyim Asy’ari merupakan pendiri jam’iyah Nahdlatul Ulama, sedangkan Wahid Hasyim adalah mantan Menteri Agama.

Sebelum ke Jombang, Moriarty akan melakukan kunjungan kehormatan kepada Gubernur Jatim Soekarwo dan bertemu para tokoh senior politik dan pimpinan media massa di Kota Surabaya.

Selanjutnya Dubes Australia itu akan menggelar perjamuan makan siang dengan pengusaha Indonesia yang berniaga dengan pengusaha Australia.

Setelah itu Dubes Australia dan rombongan akan berkunjung ka kampus Universitas Airlangga (Unair) Surabaya untuk menindaklanjuti kerja sama bidang pendidikan antara pemerintah RI dengan pemerintah Australia.

Dari kampus Unair, Dubes Moriarty bertolak menuju Kabupaten Jombang untuk meninjau pelaksanaan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) dan 1.200 rumah tangga yang mendapat fasilitas air bersih atas bantuan pemerintah Australia.

"Saya bergembira bisa berkunjung ke Jatim sebagai pusat budaya, sejarah, dan niaga yang sangat penting di Indonesia," katanya didampingi Atase Pers Kedubes Australia, Ray Marcelo.

Menurut dia, hubungan antara Australia dengan Indonesia sudah terjalin erat. Australia mendukung perjuangan kemerdekaan Indonesia dan Australia mengakui jasa para pahlawan Kota Surabaya yang mengorbankan jiwanya untuk kemerdekaan negerinya.

Sebelumnya Angkatan Laut Australia melakukan kunjungan muhibah ke Surabaya pada April lalu. Australia juga memberikan bantuan pembangunan di Jawa Timur guna meningkatkan layanan dasar dan mutu hidup untuk warga miskin Indonesia.

"Australia mempunyai berbagai program pembangunan di Jawa Timur, termasuk pengentasan kemiskinan, air dan sanitasi, pendidikan, kesehatan, dan kesiapan menghadapi bencana," kata Moriarty.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com