Franky Sahilatua dan Pancasila

Kompas.com - 30/05/2011, 08:50 WIB
EditorHeru Margianto

Oleh J. Osdar

KOMPAS.com - Sejak masa kelahirannya hingga hari ini, Pancasila dibicarakan, ditulis di koran, dinyanyikan, dipidatokan, diperdebatkan dalam suasana dahi berkernyit. Mari ikuti sebagian perjalanan keliling Indonesia yang dilakukan biduan (bukan penyanyi pop dan etnis) Franky Sahilatua, yang beberapa waktu lamanya meninggalkan kita. Di sana ada Pancasila yang hidup dan indah.

Menjelang akhir 2005, Franky menemui banyak orang yang mau diajak bicara tentang Pancasila. Hasil pembicaraan itu direnungkan di tempat tinggalnya di Perumahan Pelangi Bintaro, Tangerang Selatan. Direnungkannya pula sosok WR Supratman yang menciptakan ”Indonesia Raya”. ”Oleh alunan lagu itu, nama Indonesia menjadi indah bagi banyak orang, termasuk bagi orang yang belum pernah berkeliling Indonesia,” ujar Franky.

Bekerja sama dengan Kiki Syahnakri (mantan Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Darat), Sukardi Rinakit (pengamat politik), serta para aktivis muda, seperti Melky Lakalena, Valens Daki-Soo, dan Dulmanan, Franky menciptakan ”Pancasila Rumah Kita”, ”Kembali ke Pancasila”, ”Pohon dan Merah Putih”, ”Di Bawah Tiang Bendera”, dan puluhan lagu lain yang bernuansa penghayatan tentang bangsa dan negeri ini.

Sebelum tutup tahun 2005, Franky mengopi sendiri syair lagu-lagu itu dan dibagikan kepada.....(selengkapnya baca Harian Kompas, Senin 30 Mei 2011, halaman 4)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.