Pentingnya Pertukaran Udara di Dalam Rumah

Kompas.com - 24/05/2011, 09:53 WIB
EditorRobert Adhi Kusumaputra

KOMPAS.com — Rumah yang indah dan elegan belum tentu menjamin para penghuninya sehat. Perhatikan pertukaran udara di dalam rumah. Udara yang sehat akan memberikan dampak kesehatan dan kenyamanan.

Kebiasaan masyarakat perkotaan dewasa ini tak bisa dilepaskan dari penggunaan penyejuk ruangan (air conditioner/AC). Dengan alasan praktis, kenyamanan di dalam ruang bisa mudah didapatkan. Menurut arsitek Novriansyak Yakub dari studio Atelier Riri, penggunaan penyejuk udara dalam batas tertentu, seperti tingkatan volumenya diatur dan digunakan tidak setiap saat, dinilai masih bisa diterapkan mengingat kebutuhan masyarakat perkotaan.

Namun, seperti telah diketahui, penggunaan penyejuk ruangan secara terus-menerus merupakan tindakan boros energi. Solusinya, dengan mengombinasikan pengaturan pertukaran udara alami lewat ventilasi atau bukaan dengan pengaturan pertukaran udara buatan seperti AC atau exhaust fan.

Misalnya, Anda tetap menggunakan penyejuk ruangan di ruang tamu atau ruang tidur. Pada waktu tertentu saja Anda hidupkan untuk mendinginkan ruangan. Sementara di ruang-ruang lain, seperti ruang keluarga dan dapur, diatur dengan pengaturan alamiah. Seperti membuat jendela lebar yang dapat dibuka dan ditutup, pakai kaca nako yang berperan sebagai sumber penerangan alami, buat kisi-kisi di dinding menghadap keluar, dan bukaan-bukaan di dalam rumah.

Tak kalah penting, atur pencahayaan yang tepat. Usahakan rumah tak menantang matahari karena akan menimbulkan panas di dalam ruangan yang bisa menimbulkan ketergantungan akan penyejuk ruangan. Tanam juga beberapa tanaman peneduh agar rumah semakin asri dan nyaman. (Natalia Ririh)

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X