Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Menteri Berpakaian Wayang

Kompas.com - 19/05/2011, 23:20 WIB

SOLO, KOMPAS.com--Tiga menteri yang mengenakan pakaian wayang orang dengan menumpang kereta kencana yang ditarik oleh kuda akan ikut memeriahkan kirab budaya nusantara dalam rangka pembukaan Pekan Informasi Nasional (PIN) di Solo, pada Sabtu (21/5).

Kasubdit Media Luar Ruang dan Audio Visual Ditjen Pengelola Media Publik Kemenkominfo Endang Kartiwa didampingi Wali Kota Surakarta Joko Widodo mengatakan hal tersebut di Solo, Kamis.

Ketiga menteri yang akan mengenakan pakaian wayang orang itu yakni Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Tifatul Sembiring, Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Muhammad Nuh dan Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad.

Untuk Menkominfo akan mengenakan pakaian wayang tokoh Gathutkaca, Mendiknas pakaian wayang tokoh Kresna dan Menteri Kelautan dan Perikanan mengenakan pakaian wayang tokoh Werkudara.

Barisan kereta kencana tersebut juga diikuti oleh Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo, Wali Kota Surakarta Joko Widodo dan tamu undangan lainnya.

Kirab budaya nusantara ini juga akan diramaikan dua ekor gajah dan empat ekor unta koleksi kebun binatang Taman Satwa Taru Jurug Solo (TSTJ) juga disertai marching band Akademi Angkatan Udara (AAU), diharapkan akan menjadi daya tarik tersendiri.

Dua ekor gajah dan empat ekor unta dari TSTJ beserta peserta kirab lainnya akan berjalan dari Lapangan Kota Barat yang melewati Jalan Utama Slamet Riyadi dan berakhir di halaman Balaikota.

Berada di urutan terdepan kirab yang dimulai pukul 14.00 WIB tersebut adalah marching band taruna AAU, juga diikuti para pelajar Solo yang bergabung dalam Paskibra.

Berada di belakangnya pasukan berpakaian tradisional, diantaranya Prajurit Jaga Tirta, Reksa Praja dan selanjutnya gajah dan unta.

Untuk selanjutnya diikuti oleh perwakilan dari kelompok festival pertunjukan rakyat yang memakai pakaian adat dari 12 provinsi yaitu Papua Barat, Sumatra Barat, Sumatra Utara, Jambi, Kalimantan Barat, Sulawesi Selatan, Jawa Barat, Bengkulu, Pekan Baru, Bekasi, Sulawesi Barat dan Jawa Tengah sebagai tuan rumah PIN.

Sebanyak 25 grup sanggar seni di Solo juga ikut tampil dalam kirab budaya tersebut juga disertai para pelajar da mahasiswa di Solo. Peserta kirab ini paling sedikit mencapai 2.500 orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com