Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puteri dari Yapen Terpilih Jadi Puteri Papua 2011

Kompas.com - 13/05/2011, 11:20 WIB

KOMPAS.com - Setelah menjalani karantina di Swiss-bell Hotel, Jayapura, pada 5 - 7 Mei 2011 lalu, akhirnya terpilih tiga pemenang Puteri Papua, dan lima putri atribut. Herllyn Paula Mambai dari Kepulauan Yapen menjadi pemenang pertamanya. Sedangkan Nurlita Dianingsih dan Elsa Irwanti Elizabeth Kaize yang sama-sama mewakili Kabupaten Jayapura, menempati posisi kedua dan ketiga.

Kemenangan ini diperoleh setelah melalui proses seleksi, di antaranya dengan mengikuti sesi unjuk bakat, penjurian dan wawancara pribadi, pemotretan, dan penjurian akhir di malam final, yang berlangsung di Auditorium RRI Jayapura, Sabtu (7/5/2011) lalu. Malam final ini dihadiri istri Bupati Waropen Yesaya Buynei, Yosina Lally-Buynei, Puteri Indonesia 2010 Nadine Alexandra Dewi Ames, Puteri Papua 2010 Oifance E. F. Imbiri, dan tentunya ratusan supporter dari 14 finalis Puteri Papua.

Ke-14 finalis muncul ke atas panggung mengenakan gaun koktil, dan memperkenalkan dirinya satu-persatu kepada para undangan. Sesudah itu, para finalis langsung menghadapi para penjurian yang sebenarnya. Bila siang harinya mereka harus menjawab pertanyaan juri secara pribadi, kini mereka harus menghadapi tamu undangan. Mereka diminta memilih kertas berisi nomor-nomor di dalam fish bowl, yang merupakan pertanyaan-pertanyaan dari tim juri.

Sayangnya, entah karena gugup atau tak siap, umumnya finalis tak memanfaatkan waktu satu menit yang diberikan untuk menjawab pertanyaan semaksimal mungkin. Bahkan, ada beberapa finalis yang meminta agar pertanyaan diulang dan diuraikan lebih jelas.

Dari 14 finalis, akhirnya terpilih lima besar, yang terdiri atas Herllyn, Nurlita, Elsa Kaize, serta Wasti Ester Samori (Kabupaten Waropen), dan Elvina Wabiser (Biak Numfor). Mereka kembali harus memilih sendiri pertanyaan dari para juri. Penonton mengelu-elukan jagoannya masing-masing. Nama Herllyn maupun Elvina diteriakkan berulangkali. Sedangkan pendukung wakil Jayapura dengan provokatif meneriakkan kata "Jayapura" berulang kali.

Malam final ini juga menghadirkan bintang tamu lain, yaitu Ilham "Idol". Pria bertubuh mungil ini tampil menghibur dengan sejumlah lagu yang rupanya juga sangat populer di Papua, sehingga disambut dengan koor para undangan. Ilham juga sempat menarik Welhelmina Adrian Imbiri (Kabupaten Waropen) dan Ester Samori untuk menyanyi bersama.

Oifance Imbiri dan Nadine Alexandra juga hadir di atas panggung untuk memberikan dukungan bagi puteri-puteri Papua ini. Oifance, misalnya, pada Pemilihan Puteri Indonesia tingkat nasional, akhirnya terpilih sebagai Puteri Persahabatan. Kedua perempuan ini yakin, puteri Papua pasti bisa bersaing dengan wakil dari provinsi lain dalam PPI nasional yang akan berlangsung bulan Agustus nanti.

Situasinya semakin menegangkan ketika akhirnya terpilih tiga besar. Kali ini, Herllyn, Nurlita, dan Elsa, diberi pertanyaan yang sama oleh para juri. Pertanyaannya sederhana, yaitu "Apa yang dimaksud dengan pola berpikir positif?" Ketiga finalis berusaha memberikan jawaban yang singkat namun padat. "Pola berpikir positif itu adalah hal penerimaan diri kita seutuhnya, lengkap dengan kelebihan dan kekurangannya. Bagaimana kita dapat menonjolkan diri kita kepada seluruh rakyat Indonesia," jawab Elsa.

 

 

Akhirnya, lima juri yang terdiri atas Kusuma Dewi (Yayasan Puteri Indonesia), Samudro Putranto (Senior Marketing Manager PT Mustika Ratu), Gems Saino (Area Manager PT Mustika Ratu wilayah Indonesia Timur), Audra Resania Suyono (Puteri Papua 2005), dan Della Retop (Dinas Pariwisata Provinsi Papua), memilih Herllyn sebagai Puteri Papua 2011. Selain dari hasil penilaian juri, terpilih juga Puteri Favorit pilihan undangan, dan Puteri Persahabatan pilihan para finalis.

Berikut daftar lengkap pemenangnya:

Juara I: Herllyn Paula Mambai (Kabupaten Kepulauan Yapen)
Runner-up I: Nurlita Dianingsih (Kabupaten Jayapura)
Runner-up II: Elsa Irwanti Elizabeth Kaize (Kabupaten Jayapura)
Putri Persahabatan: Yuliana Beatrix Maniagasi (Kabupaten Asmat)
Putri Lingkungan Hidup: Wasti Ester Samori (Kabupaten Waropen)
Putri Berbusana Terbaik: Elvina Wabiser (Kabupaten Biak Numfor)
Putri Berbakat: Sri Wahyuni Y. A. Rumbarar (Kabupaten Keerom)
Putri Favorit: Herllyn Paula Mambai (Kabupaten Kepulauan Yapen)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com