Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Senayan Steril Jelang KTT ASEAN

Kompas.com - 05/05/2011, 03:19 WIB

Jakarta, Kompas - Kawasan Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, disterilkan menjelang penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi Ke-18 ASEAN. Akses masuk dan keluar GBK Senayan kini diperketat dan dibatasi.

Pembatasan akses ke GBK Senayan ini terkait dengan penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-18 ASEAN pada Sabtu (7/5) sampai Minggu yang dipusatkan di Jakarta Convention Center (JCC).

KTT ASEAN kali ini akan membahas sejumlah isu seputar tiga pilar ASEAN menuju percepatan pembentukan Komunitas ASEAN pada 2015. Ketiga pilar itu, antara lain, politik dan keamanan, ekonomi, serta sosial dan budaya.

Mengenai isu politik dan keamanan, beberapa agenda yang dibahas terkait isu kejahatan transnasional, termasuk terorisme, dan penanganan konflik antaranggota ASEAN secara damai menyusul konflik perbatasan berdarah antara Thailand dan Kamboja, beberapa waktu belakangan.

Mengenai isu seputar pilar ekonomi ASEAN, KTT, antara lain, akan membahas keamanan energi dan pangan.

Lebih lanjut, tentang isu sosial dan budaya, para delegasi negara anggota ASEAN akan membahas pembentukan komunitas ASEAN. Dalam KTT juga akan dilakukan evaluasi dan penilaian terkait dengan pencapaian setiap negara anggota ASEAN mengenai ketiga pilar utama tersebut.

6.000 personel

Kepala Kepolisian Daerah Metro Jaya Inspektur Jenderal Sutarman, didampingi Kepala Biro Operasi Polda Metro Jaya Komisaris Besar Jarno, Rabu di Senayan, menyatakan, Polda Metro Jaya mengerahkan lebih dari 6.000 personel untuk mengamankan pelaksanaan KTT ASEAN di Jakarta. Polda Metro Jaya bersama Kodam Jaya akan mengamankan kawasan sekitar JCC. Adapun pengamanan di dalam JCC dikendalikan oleh Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Sutarman menilai, kondisi Jakarta sebagai tuan rumah KTT ASEAN 2011 relatif aman. Sutarman mengimbau masyarakat turut menjaga keamanan dan ketertiban di Ibu Kota.

Terkait dengan pengamanan di kawasan GBK Senayan, Kepala Staf Umum TNI Letnan Jenderal Y Surjo Prabowo menyatakan, kondisinya secara umum sudah aman. Pengamanan dilakukan dengan segala upaya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com