Gayus Dilimpahkan ke Kajari Tangerang

Kompas.com - 28/04/2011, 08:23 WIB
EditorHeru Margianto

JAKARTA, KOMPAS.com — Penyidik Bareskrim Polri akan melakukan pelimpahan tahap II tersangka Gayus Halomoan Tambunan, mantan pegawai pajak, berikut barang bukti terkait perkara dugaan pemalsuan paspor, Kamis (28/4/2011).

"Rencananya, penyidik Mabes Polri menjemput Gayus ke rutan (Kelas I Cipinang, Jakarta Timur) pukul 09.00. Langsung ke Kejaksaan Negeri Tangerang," kata Dion Pongkor, pengacara Gayus, ketika dihubungi Kompas.com, Kamis.

Dion mengatakan, selanjutnya Gayus akan disidangkan di Pengadilan Negeri Tangerang berdasarkan lokasi penggunaan paspor palsu di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang. Tahun 2010 Gayus pernah bersidang di PN Tangerang.

Seperti diwartakan, penyidikan kasus itu telah dinyatakan lengkap (P21) oleh kejaksaan. Kasus itu terkuak setelah seorang warga bernama Devina menuliskan surat pembaca ke Kompas pada 2 Januari 2011. Dia mengaku melihat pria mirip Gayus dengan mengenakan wig dan kacamata dalam satu penerbangan AirAsia dari Jakarta ke Singapura tanggal 30 September 2010.

Setelah diselidiki, Gayus memiliki paspor atas nama Sony Laksono. Paspor itu sedianya dipesan oleh Margarita, anak berusia lima tahun. Namun, paspor itu tak diambil sehingga data Margarita belum diproses. Akhirnya, paspor asli itu digunakan oleh komplotan pemalsuan, salah satunya tersangka Arie.

Menurut Polri, aktor intelektual dibalik kasus itu adalah Jhon Jerome Grice, warga Amerika Serikat (buronan). Gayus merogok kocek hingga 100.000 dollar AS untuk mendapatkan paspor itu. Dengan paspor Sony, pemilik harta sekitar Rp 100 miliar itu lalu pelesiran ke Singapura, Malaysia, dan Makau saat menyandang status tahanan PN Jakarta Selatan.

Barang bukti yang disita di antaranya boarding pass China Air atas nama Sony Laksono, boarding pass AirAsia atas nama Milana Anggraeni, dokumen pembelian wig, tagihan Hotel JW Marriot Singapura, tagihan belanja, serta data perlintasan pemeriksaan imigrasi atas nama Sony Laksono dan Milana di Bandara Soekarno-Hatta.

Baca tentang


    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X