Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini Sopir Transjakarta Berkebaya

Kompas.com - 21/04/2011, 11:04 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Ada yang berbeda dengan penampilan sopir bus transjakarta hari ini. Para perempuan pengemudi yang biasanya mengenakan setelan jas dan berdasi itu tampak anggun dengan mengenakan kebaya. Mereka turut memeriahkan Hari Kartini yang jatuh pada hari ini, Kamis (21/4/2011).

Berdasarkan pengamatan Kompas.com, selain pengemudi, petugas transjakarta lainnya, seperti penjaga loket, juga mengenakan kebaya. Warna kebaya yang mereka kenakan bervariasi.

"Memang sudah programnya (mengenakan kebaya)," ujar salah seorang pengemudi, Ida Mahmudah, saat mengemudikan bus transjakarta di Koridor VI. Ida mengaku tidak risi mengenakan kebaya sambil mengemudi.

"Kan sudah biasa setiap hari ulang tahun Jakarta, perayaan 17 Agustus, Hari Ibu, Hari Kartini pakai kebaya," tuturnya.

Dalam siaran persnya, Rabu (20/4/2011), Badan Layanan Umum Transjakarta menginformasikan bahwa mengenakan kebaya pada Hari Kartini merupakan ritual yang dilakukan petugas transjakarta wanita setiap tahunnya. Program mengenakan kebaya tersebut sudah dilaksanakan sejak 2004.

"Sudah dilakukan sejak awal pengoperasian busway," ujar Kepala BLU Jakarta Muhammad Akbar.

Kaum perempuan, katanya, banyak mengambil peran dalam pengoperasian transjakarta. Tercatat hingga kini 107 wanita menjadi pengemudi transjakarta, 699 sebagai penjaga loket, serta 131 sebagai satgas. Para wanita yang berjasa dalam pengoperasian transjakarta tersebut bertugas mulai pukul 05.00-13.00 setiap harinya. Dengan demikian, mereka yang berkeluarga dapat tetap mengurus keluarganya seusai bekerja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com