Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sempurna, Keluarga Atut Kuasai Banten

Kompas.com - 20/04/2011, 19:47 WIB

TANGERANG, KOMPAS.com — Pelantikan Airin Rachmi Diany sebagai Wali Kota Tangerang Selatan tahun 2011-2016 memperkuat kekuasaan keluarga Gubernur Provinsi Banten Ratu Atut Chosiyah.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Jaringan Pemilih Tangerang Selatan Ali Irvan mengatakan, keluarga Atut semakin sempurna menguasai Banten setelah adik iparnya, Airin Rahmi Diany, dilantik kakak dari suaminya, Tb Chaeri Wardana.

Sebelumnya, Atut melantik ibu tirinya, Heryani, sebagai Wakil Bupati Pandeglang pada 11 Maret 2011. Atut juga melantik Ratu Tatu Chasanah, adik kandungnya, sebagai Wakil Bupati Kabupaten Serang pada 28 Juli 2010, dan Tb Khaerul Zaman, adik tiri Atut, dilantik sebagai Wakil Wali Kota Serang pada 26 Maret 2011.

"Makanya saya sangat mengkhawatirkan praktik dinasti politik ini dapat berpotensi terjadinya oligharki politik yang hanya mementingkan dan memperkaya keluarga dan kroninya semata," jelas Ali Irvan.

Menanggapi pelantikan adik iparnya Airin, Atut menyambut gembira. "Sebagai gubernur, Ibu bersyukur karena akhirnya Tangsel sudah memiliki pemimpin yang pasti. Dan sebagai keluarga, pelantikan ini harus disyukuri. Ini sebagai anugerah juga bagi keluarga kami," jelas Atut.

Atut mengatakan, banyaknya anggota keluarga yang memimpin kota dan kabupaten membuat koordinasi untuk membangun Banten semakin mudah.

Ali Irvan mengkhawatirkan, sebentar lagi pemilihan langsung Gubernur Provinsi Banten. Hal pertama yang harus sama-sama diawasi, lanjut Ali Irvan, adalah penggunaan kekuasaan birokrasi agar tidak dieksploitasi untuk mendukung gubernur incumbent, Atut.

"Kami mengecam jika birokrasi dan dana rakyat digunakan untuk mendanai kampanye politik Atut," papar Ali. (PIN/Sony)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com