Keraton Cirebon Akui Syarif Kerabatnya

Kompas.com - 18/04/2011, 00:28 WIB
Editoryuli

CIREBON, KOMPAS.com — Sesepuh Kasultanan Kanoman, Pangeran Raja Mochamad Saladin, membenarkan bahwa Muhammad Syarif (31) yang merupakan terduga pelaku bom bunuh diri di Masjid Adz-Dzikro di Markas Polisi Resor Kota Cirebon masih kerabat Keraton Kanoman. 

Kepada wartawan di Cirebon, Minggu (17/4/2011) malam, Saladin mengatakan bahwa Muhammad Syarif (MS) merupakan putra dari Ratu Srimulat (56) yang memang kerabat Keraton Kanoman.

Dia mengakui, kendati salah satu kerabatnya diduga terlibat aksi bom bunuh diri yang melukai sekitar 30 orang, pihak Keraton Kanoman menyerahkan persoalan tersebut sepenuhnya kepada aparat kepolisian.

"Di mata hukum, semua warga negara sama. Bila memang benar MS terbukti pelakunya, maka kami serahkan sepenuhnya kepada aparat penegak hukum," papar Pangeran Raja Mochamad Saladin yang juga kakak dari Sultan Kanoman XII, Muhammad Emirrudin.

Menurut dia, semua dampak persoalan hukum seluruh kerabat keraton yang dilakukan secara pribadi merupakan tanggung jawab personel.

"Keberadaan keraton tidak sepenuhnya bisa dikaitkan untuk ikut memikul tanggung jawab tersebut. Namun, kami tetap merasa prihatin bila ada kasus-kasus hukum yang menimpa anggota kerabat keraton," ungkapnya.

Informasi mengenai pelaku aksi bom bunuh diri mulai memperoleh titik terang. Pelaku diduga bernama Muchammad Syarief, warga Gang Rara Kuning II, RT 03/ RW 6, Kampung Astanagarib Utara, Kelurahan Pekalipan, Kecamatan Pekalipan, Kota Cirebon, Jawa Barat. 

Walau demikian, pihak kepolisian setempat hingga kini masih mendalami dugaan keterlibatan anggota keluarga keraton tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.