Sebelum "Ngebom", MS Bunuh Anggota TNI

Kompas.com - 17/04/2011, 16:35 WIB
EditorTri Wahono

CIREBON, KOMPAS.com — Muchammad Syarif (MS) diperkirakan terlibat pembunuhan anggota TNI di Jalan Sultan Ageng Tirtayasa, Desa Cempaka, Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon, pada 2 April 2011. MS diduga pelaku bom bunuh diri di Masjid Adz-Dzikro, Kompleks Mapolresta Cirebon, Jumat (15/4/2011).

Kapolda Jawa Barat Inspektur Jenderal Polisi Suparni Parto ketika dikonfirmasi apakah MS diduga terlibat pembunuhan anggota TNI itu, ia mengiyakan. "Kira-kira begitu," ujar Suparni kepada wartawan di Rumah Sakit Pelabuhan, Cirebon, Minggu (17/4/2011).

Menurut Suparni, pihak kepolisian memang mendapatkan indikasi data keterlibatan MS, berdasarkan temuan SIM yang ada di TKP. Wajah pelaku bom bunuh diri itu punya kemiripan dengan foto pada SIM C yang ditemukan di lokasi pembunuhan anggota TNI Kopral Kepala Sutejo. Dalam SIM tersebut tertera nama pemilik SIM Muchammad Syarif beralamat di RT 03 RW 06 Astana Garib Utara, Kelurahan/Kecamatan Pekalipan, Kota Cirebon.

"Saya menduga itu ada keterkaitan yang kuat. Tapi hal-hal lain terkait perilaku informasi dapat mengarahkan ke dugaan yang lebih serius," imbuh jenderal bintang dua ini.

Diketahui kemudian bahwa alamat tersebut adalah rumah orangtua MS. Berdasarkan pengakuan keluarga, sehari setelah kejadian pembunuhan, MS mendatangi istrinya, Sri Maleha, yang tinggal di Majalengka. Saat itu, MS berpamitan ingin pergi untuk mencari kerja. Tapi tidak disebutkan akan kerja ke mana. Pada 10 April, aparat kepolisian mendatangi rumah Sri Maleha menanyakan keberadaan MS. (Ida Romlah/Yogi Gustaman)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.