Tim Robotika UGM Ternyata dari UKM

Kompas.com - 11/04/2011, 12:46 WIB
EditorLatief

BANDUNG, KOMPAS - Tim robotika Universitas Gadjah Mada, pemenang 18th Trinity College Fire Fighting Home Robot Contest di Hatrford, Connecticut, Amerika Serikat (AS), ternyata berasal dari kelompok Unit Kelompok Mahasiswa atau UKM. Hal itu berbeda bila dibandingkan dua tim lain dari Indonesia, yaitu Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Komputer Indonesia (Unikom), yang merupakan tim dari jurusan.

"Para peserta berasal dari UKM pecinta robot, mirip UKM lain, misalnya pecinta alam," ujar rektor UGM, Sudjarwadi, dengan nada bercanda saat ditemui di Bandung, Jawa Barat, Senin (11/4/2011).

Prestasi membanggakan itu tentu mendapatkan apresiasi dari pihak universitas. UGM akan menawarkan beasiswa bagi para mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan S-2 atau S-3.

Namun, kata Sudjarwadi, yang paling berharga adalah kesempatan mengembangkan jejaring internasional bagi mereka selepas kuliah. Hanya saja, UGM belum berencana untuk mengembangkan program studi khusus mengenai robotika.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X