Robot ITB Juara di AS, Rektor Bangga

Kompas.com - 11/04/2011, 10:17 WIB
EditorHeru Margianto

BANDUNG, KOMPAS.com - Rektor ITB Akhmaloka mengungkapkan kebanggaannya atas prestasi yang diraih mahasiswa Indonesia dalam kontes robot di Amerika Serikat. "Prestasi para mahasiswa jelas membanggakan karena berhasil mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional," ujar Akhmaloka di Bandung, Senin (12/4/2011).

Seperti diberitakan, tiga tim mahasiswa dari ITB, UGM, dan Unikom berhasil menjuarai kompetisi robot "Trinity College Fire Fighting Home Robot Contest" di Hartford, Connecticut, AS, 9-10 April 2011.

Tidak tanggung-tanggung, semua robot yang dikirim tiga kampus tersebut berhasil menggondol gelar juara. "Seluruh robot perwakilan Indonesia juara semua. Membanggakan," tulis Kusprasapta Mutijarsa, pembimbing tim robot dari ITB, dalam akun Twitter miliknya @kusprasapta.

Tim Indonesia berhasil menyingkirkan peserta dari negara lain seperti Amerika Serikat dan China. Tim ITB yang terdiri dari tiga orang mahasiswa dan dibimbing dosen Kusprasapta Mutijarsa berangkat karena menjadi pemenang Kontes Robot Indonesia di Universitas Muhammadiyah Malang. Sebelum berangkat, robotnya disempurnakan terlebih dahulu.

Kategori yang dimenangi tim ITB adalah divisi berkaki dari robot bernama Zarqun. Selain juara satu, robot milik ITB juga menyabet juara dua. Sementara itu, tim UGM mendapat juara pertama dan kedua untuk divisi beroda tingkat senior. Lomba pemadam kebakaran robot akan menempatkan robot di sebuah labirin, peserta akan mencari sumber api dan memadamkannya tanpa terkecoh sumber panas lain seperti lampu.

Sehari sebelumnya, tim dari Unikom juga menyabet juara I dan II untuk kategori robowaiter standard dan kategori robowaiter advanced. Pelaksanaan kategori itu adalah mempertandingkan robot untuk membawa piring dan mengikuti jalur tertentu tanpa menabrak obyek lain.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X