Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UGM, ITB, dan UNIKOM Juara di AS

Kompas.com - 11/04/2011, 08:28 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com — Sangat membanggakan, tim robot dari Indonesia berhasil menjuarai kompetisi robot Trinity College Fire Fighting Home Robot Contest di Hartford, Connecticut, AS, 9-10 April 2011.

Tidak tanggung-tanggung, semua robot yang dikirim oleh Institut Teknologi Bandung, Universitas Gajah Mada, dan UNIKOM berhasil menggondol gelar juara. "Semua robot perwakilan Indonesia juara semua. Membanggakan," tulis Kusprasapta Mutijarsa, pembimbing tim robot dari ITB, dalam akun Twitter miliknya, @kusprasapta.

Tiga robot buatan mahasiswa UNIKOM, Bandung, yang mewakili Indonesia untuk kategori RoboWaiter menang pada hari pertama. Robot DU99 RWE juara pertama untuk level advanced serta juara pertama dan meraih posisi kedua pada level standar.

RoboWaiter dalam kompetisi ini merupakan kategori robot yang dirancang menjalankan aktivitas simulasi membantu manusia. Dua robot buatan mahasiswa ITB yang mewakili jenis robot berkaki (legged robot) meraih kemenangan pada hari kedua. Kedua robot yang diberi nama Zarqun dan ASA masing-masing juara pertama dan meraih posisi kedua untuk kategori Walking Robot.

Sementara itu, dua robot buatan mahasiswa UGM yang mewakili Indonesia di kategori Senior Wheeled Robot juga meraih juara. Dua robot beroda yang diberi nama Koplax dan Iron masing-masing juara pertama dan meraih posisi kedua.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com