Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Metromini Bawa Maut

Kompas.com - 04/04/2011, 04:08 WIB

Jakarta, Kompas - Metromini nomor 75 jurusan Pasar Minggu-Blok M bernomor polisi B 7311 EW menjadi pembawa maut. Metromini yang disopiri Wawan Setiawan (15) itu terbalik di depan Hotel Maharaja, Jakarta Selatan, Minggu (3/4) pukul 08.20, dan menewaskan seorang penumpang.

Enjas Raya (21), penumpang yang duduk di deretan belakang, terpelanting hingga keluar bus dan tergencet badan bus yang terguling. Warga Pandeglang itu meninggal seketika.

Seorang penumpang lainnya, Andi (21), harus dilarikan ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo. Enjas dan Andi adalah buruh bangunan yang bersama tiga kawan lainnya hendak pulang kampung ke Pandeglang.

”Waktu itu ada sekitar 10 penumpang. Penumpang lain selamat karena berpegangan. Enjas waktu itu sedang tertidur,” kata Musroni (24), kawan korban yang juga menumpang metromini itu.

Nana (21), kawan korban lainnya yang duduk di belakang sopir, sempat melihat Wawan melepas setir saat mendekati tikungan sehingga bus terlambat berbelok dan akhirnya menabrak trotoar dan pagar jalan.

Menurut Nana, bus metromini memang kerap ngebut di jalan, terutama apabila berkejaran dengan bus lain. Namun, karena tak punya pilihan lain yang terjangkau, ia tetap naik bus bertarif Rp 2.000 per orang itu.

Rudi, tukang ojek yang mangkal di sekitar lokasi, mengatakan, metromini pembawa maut itu memang ngebut. ”Untungnya pagi tadi tidak ramai kendaraan,” katanya.

Tanpa SIM

Berdasarkan hasil sementara penyelidikan Satlantas Polres Metro Jakarta Selatan dan Unit Laka Lantas Polda Metro, Wawan tak memiliki surat izin mengemudi (SIM) sesuai dengan jenis kendaraan yang dia kemudikan.

Wawan mengaku baru kurang dari satu tahun bisa mengendarai metromini. Sebelumnya, mengendarai mobil pun ia tak bisa. Wawan juga mengaku sebagai sopir tembak atau sopir pocokan menggantikan sopir asli. Pada hari kerja, dia biasanya jadi kenek.    

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com