Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sutiyoso: Satukan Semua Kubu di PSSI

Kompas.com - 31/03/2011, 14:04 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Mantan Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso menilai, siapa pun yang nantinya terpilih menjadi Ketua Umum PSSI harus bisa menyatukan semua kubu PSSI yang kini terpecah belah. Sutiyoso atau yang kerap disapa Bang Yos mengatakan, persatuan semua kubu sangatlah penting agar tercipta kesolidan di dalam internal PSSI.

Hal ini dikatakan Bang Yos dalam diskusi di kantor Warta Kota dengan tema, ”Apa yang Harus Dilakukan Ketua Umum PSSI untuk Memajukan Sepak Bola Indonesia”.

”Selain itu, harus ada reformasi total mencakup semuanya. Harus dipilih SDM dan orang-orang yang memiliki kompetensi dan jam terbang untuk mengurus sepak bola. Sistem pembinaan jangka pendek dan terutama jangka panjang juga harus diperbaiki,” ujar Bang Yos, Kamis (31/3/2011).

Sutiyoso sendiri dalam beberapa pekan terakhir digadang-gadang sebagai calon yang akan masuk dalam bursa Ketua Umum PSSI. Mengenai hal ini, ia mengatakan, ”Saya tidak dalam posisi mencalonkan diri,” kata Bang Yos.

Mantan Ketua Umum Persija Jakarta itu juga menuturkan pendapatnya seputar Kongres PSSI di Pekanbaru, Riau. Ia memprediksi, FIFA akan meminta Indonesia untuk melakukan kongres ulang untuk memilih Komite Pemilihan dan Komite Banding.

”Kita dalam posisi menunggu keputusan FIFA. Setahu saya, FIFA tidak mengenal (kongres) tandingan, FIFA hanya mengakui PSSI. Ada baiknya pemerintah mengirim perwakilan seperti Dubes atau Ketua KONI/KOI untuk bertemu FIFA,” tutur Bang Yos.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com