TKI Bakal Terima Gaji Lewat Bank

Kompas.com - 23/03/2011, 15:14 WIB
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com — Para tenaga kerja Indonesia di Malaysia bakal dipermudah dalam penerimaan gaji. Hal ini menyusul Memorandum Of Understanding (MOU) yang rencananya ditandatangani akhir April.

Demikian disampaikan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar saat ditemui di kompleks Istana Wakil Presiden, Jakarta, Rabu (23/3/2011). Muhaimin mengatakan, semua penggajian untuk TKI Malaysia akan dilakukan lewat perbankan.

"Sehingga tidak ada komplain lagi gaji tidak terbayar. Semuanya ada bukti yang bisa dilihat di buku bank. Itu aturan yang bakal melengkapi MOU," ungkap Muhaimin.

Sementara itu, MOU yang rencananya bakal ditandatangani akhir April itu akan berisi ketentuan-ketentuan umum tentang TKI. Misalnya, tutur Muhaimin, paspor harus dipegang yang bersangkutan, libur satu kali seminggu, lalu ada taskforce yang bekerja sama dua negara untuk menyelamatkan dan melindungi.

Muhaimin mengatakan, dalam penggajian melalui perbankan, tidak ada bank khusus yang bakal ditunjuk. Menurutnya, bank yang digunakan adalah bank yang populer di masyarakat seperti BRI atau Mandiri. Kalau bank di Malaysia? "Sulit ya. Karena, kan, keluarganya yang mendapatkan perbankan adalah keluarganya yang di sini (Indonesia)," katanya menegaskan.

Pembayaran gaji lewat perbankan itu sendiri akan dijaga semua pihak, termasuk PJTKI. Namun, bila muncul masalah maka akan ditangani satgas dua negara. "Yang terdiri dari kepolisian setempat, imigrasi, kedutaan RI, lalu atase-atase kedutaan kita," ujar Muhaimin. (M Ismunadi)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.