Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trans Corp Bangun Hotel di Bandung dan Theme Park di 20 Kota

Kompas.com - 21/03/2011, 19:49 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pertengahan tahun ini warga Bandung akan mempunyai tempat baru untuk tujuan wisata. Setelah sukses hadir di Makassar, Trans Studio akan segera hadir di Bandung. Rencananya theme park alias taman hiburan modern seluas 4 hektare akan dibuka pada Juni tahun ini.

Lokasi theme park ini akan berdampingan dengan lokasi Bandung Supermal yang sudah berdiri 9 tahun lalu di Jalan Gatot Subroto, Bandung. “Itulah sebabnya kami akan tetap menamakan kompleks ini dengan nama Bandung Supermal,” tutur Nurul Kartika, GM Marketing Trans Studio.

Di lokasi ini juga akan berdiri Hotel Ibis dan Hotel Trans dengan kapasitas 1.000 kamar hotel yang akan mulai beroperasi Desember 2011. “Kami menghabiskan investasi Rp 1 triliun di Makassar, di Bandung ini sekitar Rp 2 triliun. Tapi ini belum termasuk dana untuk mengakuisisi tanah,” ungkap Ishadi S.K. Komisaris PT Televisi Transformasi Indonesia.

Ishadi juga mengungkapkan Trans Corp menargetkan untuk membuka theme park di 20 kota, termasuk Jakarta. “Targetnya pada tahun 2014, sekarang masih dalam proses mencari lokasi seluas 100 hektare. Saat ini sudah dapat, tapi masih dalam proses, ya sekitar 60 persen-lah,” terang Ishadi.

Khusus untuk Jakarta, Trans akan membuat 2 macam theme park. Theme park versi Trans dan theme park versi Marvel. Trans Corp memang baru saja membeli lisensi untuk tokoh-tokoh komik Marvel dari Marvel Entertainment. “Kami sih berharap nanti Marvel mau ikut menanamkan investasi untuk theme park Marvel. Jadi di sana mereka bisa mendapat 40 persen saham kepemilikan,” tambah Ishadi.

Trans Corp sangat optimistis dengan proyek barunya di Bandung. Menurut Nurul, akan ada 17 wahana besar, “Kami adaptasi dari beberapa theme park dunia.”Misalnya saja Yamaha Racing Coaster, roller coaster tercepat di dunia dengan menggunakan teknologi LIM (Linear Induction Motor). Roller coaster ini, menurut Nurul, bisa mencapai kecepatan 100 km per jam dalam waktu 3 detik.

Selain itu, ada juga Drop Ride, Avatar Adventure, Si Bolang Adventure dari Trans 7, Giant Swing (pendulum raksasa), Vertigo, Disaster Zone, Kong Climb, Dunia Lain (rumah hantu ala Indonesia), Kids Studio (role play untuk Indonesia Mencari Bakat), Transkar (balapan untuk anak-anak), Science Center, dan Amphitheater (panggung untuk tempat pertunjukan). Menurut Nurul, mereka juga akan membuat tempat makan bernuansa tempat makan Harry Potter dengan nama Magic Corner.

Di tahun pertama, Trans Makassar menargetkan bisa menggaet 1,5 juta pengunjung, tapi mereka hanya bisa menggaet 1,2 juta. Tapi untuk Bandung, mereka jauh lebih optimistis dan menargetkan 2 juta pengunjung. “Bandung ada 40 juta penduduk dan ada 8,5 juta orang yang wara wiri dari Jabodetabek ke Bandung setiap akhir pekan. Setiap minggu di Bandung diperkirakan 20.000 kamar hotel penuh,” terang Nurul.

Untuk tiket masuk, Trans Corp mengaku masih belum menentukan harga pastinya, tapi diperkirakan sekitar Rp 200 ribu- Rp 250 ribu per orangnya. “Kami mau sesuaikan dengan pasar dan daya beli. Untuk di Makassar harganya memang sekitar Rp 100 ribu- Rp 150 ribu,” tambah Nurul. (Djumyati Partawidjaja/KONTAN)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com