Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Empat Siswa Magang di Jepang Dipulangkan

Kompas.com - 21/03/2011, 18:44 WIB

JEMBER, KOMPAS.com - Empat orang alumni Sekolah Menengah Kejuruan Perikanan dan Kelautan Puger di Kecamatan Puger, Jember, Jawa Timur yang bekerja magang di perusahaan prosesing ikan di Miyagi, Jepang dipulangkan. Pemulangan keempat perempuan pekerja magang itu disebabkan perusahaan tempat mereka bekerja porak-poranda karena disapu tsunami.

Kepala Sekolah SMK Perikanan dan Kelautan Puger, Kuncoro Diyaudin kepada Kompas di Jember, Senin (21/3/2011) mengatakan, sepanjang tahun 2010 sekolah mengirim sebanyak 26 orang alumni untuk magang ke Jepang. Sampai terjadi gempa dan tsunami di Jepang, tercatat sebanyak 9 orang alumni yang masih tinggal di sana, sedang 15 orang pulang lebih dulu karena kontrak kerja magang sudah selesai.

Empat siswa ini bekerja di prosesing ikan di kota Miyagi. Saat ini hanya tinggal lima orang siswa alumni sekolah itu yang masih bertahan melanjutkan kontrak kerja magang di sana. "Lima siswa yang semuanya laki-laki dan bekerja di kapal untuk penangkapan ikan," kata kuncoro.

Keempat siswi itu akan dijemput langsung oleh kepala sekolah dan sejumlah guru di terminal. Mereka akan dipertemukan dengan orang tuanya di sekolah.

Walau demikian, sekolah ini telah menyiapkan 18 siswa alumni yang sudah masuk nominasi untuk diberangkatkan sebagai siswa kerja magang di beberapa perusahaan perikanan di Jepang. Diantara mereka ada yang sedang belajar bahasa dan kebudayaan Jepang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com