Empat Siswa Magang di Jepang Dipulangkan

Kompas.com - 21/03/2011, 18:44 WIB
EditorI Made Asdhiana

JEMBER, KOMPAS.com - Empat orang alumni Sekolah Menengah Kejuruan Perikanan dan Kelautan Puger di Kecamatan Puger, Jember, Jawa Timur yang bekerja magang di perusahaan prosesing ikan di Miyagi, Jepang dipulangkan. Pemulangan keempat perempuan pekerja magang itu disebabkan perusahaan tempat mereka bekerja porak-poranda karena disapu tsunami.

Kepala Sekolah SMK Perikanan dan Kelautan Puger, Kuncoro Diyaudin kepada Kompas di Jember, Senin (21/3/2011) mengatakan, sepanjang tahun 2010 sekolah mengirim sebanyak 26 orang alumni untuk magang ke Jepang. Sampai terjadi gempa dan tsunami di Jepang, tercatat sebanyak 9 orang alumni yang masih tinggal di sana, sedang 15 orang pulang lebih dulu karena kontrak kerja magang sudah selesai.

Empat siswa ini bekerja di prosesing ikan di kota Miyagi. Saat ini hanya tinggal lima orang siswa alumni sekolah itu yang masih bertahan melanjutkan kontrak kerja magang di sana. "Lima siswa yang semuanya laki-laki dan bekerja di kapal untuk penangkapan ikan," kata kuncoro.

Keempat siswi itu akan dijemput langsung oleh kepala sekolah dan sejumlah guru di terminal. Mereka akan dipertemukan dengan orang tuanya di sekolah.

Walau demikian, sekolah ini telah menyiapkan 18 siswa alumni yang sudah masuk nominasi untuk diberangkatkan sebagai siswa kerja magang di beberapa perusahaan perikanan di Jepang. Diantara mereka ada yang sedang belajar bahasa dan kebudayaan Jepang.

Baca tentang


    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X