Serangan Udara di Libya Dikendalikan AS

Kompas.com - 20/03/2011, 06:31 WIB
EditorRobert Adhi Kusumaputra

PARIS, KOMPAS.com   - Serangan-serangan udara yang dilakukan oleh Inggris, Prancis dan Amerika Serikat di wilayah Libya dikoordinasikan di sebuah pangkalan AS di Jerman, kata seorang pejabat Prancis kepada AFP Sabtu. 

"Ini adalah operasi multilateral yang dikoordinasikan oleh komando AS untuk pasukan AS di Eropa yang berpangkalan di Stuttgart, Jerman," kata pejabat itu yang minta tak disebut namanya.  Markas besar berkoordinasi masing-masing dengan pusat-pusat operasional Perancis dan Inggris di Lyon dan Northwood. Dia mengatakan, Amerika Serikat memiliki peran "strategis" dalam koordinasi itu, dan perintah operasi akan ditentukan setelah koalisi ad hoc terbentuk. "Pada titik ini, kita berbicara tentang koordinasi," katanya.

Sebagai bagian dari pasukan koalisi, Uni Emirat Arab telah menjanjikan 24 pesawat (Mirage 2000-9 dan F-16) dan Qatar antara empat dan enam 2000-5, ujarnya menambahkan.  Di mana pesawat-pesawat itu akan dikerahkan tidak segera jelas, kata pejabat itu.

Dia menambahkan bahwa Perancis sedang berusaha untuk "menemani, terbang" pesawat-pesawat negara Arab itu.  Pesawat terbang yang paling banyak pada misi atas Libya tersebut adalah pesawat Prancis, dengan "beberapa pesawat Inggris", yaitu Tornado dan Eurofighters. Pesawat-peswat pembom siluman AS B-2 akan dikerahkan pada kemudian hari, katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.