Imbas Tsunami Sampai ke Amerika

Kompas.com - 18/03/2011, 15:28 WIB
EditorBastian

LOUISIANA, KOMPAS.com - Imbas gempa bumi dan badai tsunami ternyata  sampai ke Louisiana, Amerika Serikat. General Motors Company (GM) harus menghentikan produksi Chverolet Colorado dan pikap GMC Canyon di fasilitas Shreveport Assembly (Louisiana) yang mempekerjakan 923 karyawan karena tak memperoleh pasokan komponen dari Jepang.

GM melalui situs resminya, seperti dilansir bloomberg, hari ini (18/3) mengatakan, kecuali Shreveport, semua fasilitas beroperasi dengan normal. "GM masih punya banyak unit untuk memenuhi kebutuhan konsumen dan produksi di Shreveport akan kembali normal, secepatnya."

Tracy Handler, analis produksi dari lembaga penelitian IHS Automotive mengatakan, penghentian aktivitas pabrik lebih cepat dari yang diprediksi. Pasalnya, produsen lain Chrysler Group LCC mengaku baru terkena imbas penghentian pasokan dari Jepang paling cepat empat atau enam pekan kemudian.

"Kami tak sangka secepat ini pengaruh bencana alam di Jepang ke Amerika Utara. Mungkin GM mengalihkan pasokan komponen yang ada di Shreveport ke fasilitas lain untuk produksi model-model yang lebih baik penjualannya," jelas Handler.

Kim Carpenter, juru bicara GM enggan menjelaskan komponen apa saja yang mengalami kurang pasokan dari Jepang. Ia cuma menekankan, pabrikan bakal mengutamakan kegiatan operasional di titik-titik kunci di seluruh dunia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.