Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tingkat Radiasi di Tokyo Turun

Kompas.com - 15/03/2011, 18:56 WIB

TOKYO, KOMPAS.com — Tingkat radiasi di Tokyo, Selasa (15/3/2011) sore, turun setelah naik di atas rata-rata normal pada pagi hari karena radiasi yang dipancarkan dari pembangkit listrik tenaga nuklir yang terkena gempa. Demikian disampaikan para pejabat kota.    

Para pejabat Tokyo mengatakan, mereka mendeteksi radiasi 0,809 mikro-Sievert pada pukul 10.00-11.00 pagi waktu setempat di ibu kota, yang terletak sekitar 250 kilometer (155 mil) barat daya reaktor Fukushima yang bermasalah, di pantai Pasifik.    

Tingkat normal berada pada 0,035-0,036 mikro-Sieverts. Sebagai perbandingan, sebuah sinar-X untuk dada biasanya berdosis 20 mikro-Sieverts. "Kami memonitor jumlah yang lebih tinggi dibandingkan radiasi normal pada pagi hari di Tokyo. Namun, kami tidak menganggap hal itu terjadi pada tingkat ketika tubuh manusia terkena dampak radiasi," kata Sairi Koga, seorang pejabat dari Pemerintah Metropolitan Tokyo.    

"Tingkat radiasi menurun ke 0,075 mikro-Sieverts empat jam kemudian," katanya.     "Angka itu kembali lebih dekat ke tingkat normal. Namun, kami harus tetap memantau dari dekat," kata pejabat kesehatan dan kesejahteraan, Keiichi Nakaya.    

Pemerintah pusat, Selasa, sempat memperingatkan bahwa tingkat radiasi di dekat pembangkit listrik tenaga nuklir yang dilanda gempa sekarang berada dalam tingkat berbahaya bagi kesehatan manusia. Hal ini disampaikan menyusul dua ledakan dan kebakaran pada hari sebelumnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com