Mengenal Sosok Ulil Abshar-Abdalla

Kompas.com - 15/03/2011, 17:13 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Nama Ulil Abshar-Abdalla kembali mencuat. Paket bom buku yang ditujukan kepadanya dan dialamatkan ke Radio 68H, Jl Utan Kayu, No 68 H, Jakarta Timur, meledak. Korbannya adalah Kasat Reskim Polrestro Jakarta Timur Kompol Dodi Rachmawan.

Ulil dikenal publik karena gagasan-gagasannya dalam pemikiran Islam. Cara Ulil mengartikulaskan Islam tidak disukai sebagian kelompok Islam.

Ulil lahir di Pati, Jawa Tengah, 11 Januari 1967. Ia berasal dari keluarga Nahdlatul Ulama. Ayahnya Abdullah Rifa'i dari Pesantren Mansajul Ulum, Pati, sedangkan mertuanya, Mustofa Bisri, kyai dari Pesantren Raudlatut Talibin, Rembang.

Ulil menyelesaikan pendidikan menengahnya di Madrasah Mathali'ul Falah, Kajen, Pati, Jawa Tengah yang diasuh oleh KH M Ahmad Sahal Mahfudz. Ia pernah nyantri di Pesantren Mansajul 'Ulum, Cebolek, Kajen, Pati, serta Pondok Pesantren Al-Anwar, Sarang, Rembang.

Dia mendapat gelar Sarjananya di Fakultas Syariah LIPIA (Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab) Jakarta, dan pernah mengenyam pendidikan di Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara. Dia juga lulusan program doktoral di Universitas Boston, Massachussetts, AS

Ulil pernah menjadi Ketua Lakpesdam (Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia) Nahdlatul Ulama, Jakarta, staf peneliti di Institut Studi Arus Informasi (ISAI), serta Direktur Program Indonesian Conference on Religion and Peace (ICRP). Saat ini ia bergabung menjadi politisi Partai Demokrat dan duduk sebagai Ketua Divisi Pusat Pengembangan Strategi dan Kebijakan Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat.

Ia dikenal karena aktivitasnya sebagai Koordinator Jaringan Islam Liberal. Dalam aktivitas di kelompok ini, Ulil menuai banyak simpati sekaligus dikecam umat Islam sendiri.

 


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
    EditorHeru Margianto

    Terkini Lainnya


    Close Ads X