Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makan Keju Mencegah Erosi Gigi

Kompas.com - 15/03/2011, 15:51 WIB

KOMPAS.com - Asyik juga berita satu ini. Salah satu cara terbaik dan termudah untuk melawan erosi asam pada gigi adalah dengan mengonsumsi sepotong keju setiap habis makan. Erosi gigi menimbulkan penipisan pada email gigi, sehingga gigi terlihat menipis dan rapuh.

Keju disarankan untuk dikonsumsi karena mengandung alkali, yang mampu menetralisasi asam yang ditinggalkan oleh makanan. Makanan atau minuman yang mengandung asam ini antara lain minuman bersoda, jus buah, dan makanan manis semacam cake dan biskuit.

Menurut Dr Vida Kolahi, kepala dokter gigi di Cathedral Dental Clinic di Cardiff, Inggris, keju cheddar adalah pilihan terbaik karena kandungan alkalinya tertinggi. Sedangkan keju brie atau feta tak akan banyak berpengaruh. Anda juga tak perlu mengonsumsinya dalam jumlah banyak. Cukup sepotong kecil saja sesudah makan, untuk memperbaiki kesehatan gigi dengan cepat dan mudah.

Bagi pasien yang mengkhawatirkan noda atau perubahan warna pada gigi, Dr Kolahi punya saran lain. Minumlah segelas besar air putih setelah minum teh, kopi, atau wine.

Tentu saja, keju tidak boleh menggantikan kewajiban menggosok gigi. Hanya saja, keju bisa membantu memberikan hasil dalam sekejap. Anda ingin mencoba?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com