Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sarapan Khas Makau

Kompas.com - 10/03/2011, 08:27 WIB

KOMPAS.com — Kami hanya memiliki waktu delapan jam di Makau, setelahnya kami harus ke Hongkong dengan feri. Tak mau ketinggalan cerita, kami pagi-pagi langsung bangun dan ternyata… udara pagi Makau sangat sejuk dan bersih, jatuhnya jadi segar di badan.

Jam sudah menunjuk pukul delapan pagi, tetapi Makau masih terlalu sepi. Toko-toko masih tertutup rapi dan orang-orang yang berlalu lalang pun tak sebanyak malam gulita kemarin. Ya, dengan kondisi pukul dua malam seluruh Makau masih ramai, wajar kalau paginya kota ini sejenak beristirahat.

Rupa-rupanya Makau tak hanya indah saat malam dengan lampunya yang gemerlap di tiap sudut kota. Nih buktinya ketika matahari mulai datang pun kota ini indah bukan kepalang. Kolaborasi antara bangunan bernuansa China dan Portugis yang kental, jalanan gang-gang kecil yang diapit bangunan menjulang, dan kedai-kedai kecil yang menjual aneka makanan khas Tiongkok, Portugis, dan Makau.

Kami pun mengisi pagi yang sejuk ini dengan duduk di sebuah kedai Makau yang menyajikan mi dengan kuah kaldu hangat dan roti sarapan khas Makau. Demi keingintahuan, saya dan Sophia memesan menu yang berbeda.

Saya memesan mi kuah yang ternyata lembut sekali minya. Dengan tampilan tidak terlalu gendut, terkesan seperti bihun tapi berwarna kuning, lembut dan gurih… saya menyantap semangkuk mi tanpa ampun. Kuahnya hangat dengan rasa, hanya kaldu sapi yang gurih tanpa tambahan bumbu lain yang merusak aroma kaldu. Slruuup dan semangkuk mi pun hilang dalam hitungan menit.

Sementara Sophia memesan paket breakfast berupa roti pagi khas Makau, Zhu Pa Bao, yaitu sebuah roti gendut yang berisi daging digoreng tepung crunchy. Pilihannya beraneka, mau daging ayam (ji rou), sapi (niu rou), atau babi (zhu rou). Rasanya? Enak sekali, roti yang tampak keras itu ternyata bertekstur lembut, sangat cocok dimakan dengan daging yang gurih crunchy (goreng tepung) dan berasa asin. Kalau suka pedas, tinggal dibalur saus saja. Zhu Pa Bao ini seharga 7 MOP.

Menu breakfast ini diperlengkapi pula dengan teh susu hangat. Tehnya terasa betul aroma harumnya. Menu breakfast ini bisa Anda dapatkan di mana saja di gang-gang kecil Macau. Kami pun segera pergi setelah melihat jam sudah menunjuk pukul sembilan pagi. Siap-siap berwisata sejarah. (Catur Guna dan Sophia Angakadjaja)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com