KPK Bentuk Perwakilan di Surabaya

Kompas.com - 04/03/2011, 06:54 WIB
EditorRobert Adhi Kusumaputra

JAKARTA, KOMPAS.com -  Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) segera membentuk KPK perwakilan di sejumlah daerah. "Dua minggu lagi kami akan ke daerah merintis pembentukan KPK perwakilan. Kami mulai dari Surabaya dulu, Medan, dan Indonesia timur lainnya," ujar Ketua KPK, Busyro Muqqodas di gedung KPK, Rasuna Said, Jakarta, Kamis (3/3/2011) petang.

Menurut Busyro, KPK perwakilan merupakan pemanjangan tangan dari KPK pusat yang berfungsi menerima pengaduan masyarakat di daerah. "Tapi di sana non penindakan ya. Penindakan tetap terpusat di sini," katanya.

Selain itu, KPK perwakilan, menurut Busyro juga berfungsi dalam memantau pelayanan publik dan menyebarkan semangat antikorupsi. Busyro juga menyampaikan, perhatian masyarakat terhadap korupsi daerah semakin tinggi. Laporan masyarakat kepada KPK mengenai dugaan korupsi di daerah semakin banyak.

"Ini menjadi sinyal yang positif," kata Busyro. Dia berharap hal tersebut menjadi perhatian DPR dalam merevisi Undang-undang Tindak Pidana Korupsi. "Jadi posisi untuk dimana KPK tidak dilemahkan posisinya," ujar Busyro.

Terkait revisi Undang-undang Tindak Pidana Korupsi, KPK, lanjut Busyro, tengah mempelajari draft revisi tersebut. "Upaya revisi kami letakakan bagaimana KPK bisa lebih eksis," ucap Busyro.

"Kami harus melakukan pendekatan-pendekata termasuk dengan teman-teman parpol. Kami gak yakin parpol punya kweangan yang sama, mengurangi kinerja KPK," ujar mantan Ketua Komisi Yudisial itu. 



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X