Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kabut Asap Kembali Selimuti Karimun

Kompas.com - 02/03/2011, 18:48 WIB

KARIMUN, KOMPAS.com - Kabut asap kiriman dari daratan Sumatra kembali menyelimuti perairan Tanjung Balai Karimun, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, Rabu (2/3/2011).

"Kabut asap sejak pagi kembali menyelimuti perairan Karimun namun belum mengganggu aktivitas pelayaran," kata Kepala Administrator Pelabuhan Tanjung Balai Karimun, Gajah Rooseno, Rabu (2/3/2011).

Gajah Rooseno mengatakan aktivitas pelayaran antarpulau maupun luar negeri berjalan normal. Setiap kapal penumpang berbahan fiberglass tiba dan datang sesuai jadwal.

"Kami belum punya rencana untuk menunda pelayaran, jarak pandang nakhoda kapal masih cukup jauh jika dibandingkan sebulan lalu," katanya.

Meski demikian, dia tetap mengimbau nakhoda untuk waspada meski ketebalan kabut asap belum membahayakan aktivitas pelayaran.

"Kami tetap memantu keadaan agar tidak membahayakan keselamatan pelayaran. Kami berharap cuaca panas sejak beberapa pekan ini tidak menambah ketebalan kabut asap," katanya.

Kabut asap perairan Tanjung Balai Karimun tampak jelas dari daerah ketinggian seperti di Bukit Senang atau Bukit Sidomulyo. Pulau Parit di depan pelabuhan Tanjung Balai Karimun. Kapal-kapal yang berlayar tampak samar diselimuti kabut tipis. Asap tipis masih kelihatan meski hari beranjak sore.

Sementara, aktivitas warga di kota Tanjung Balai Karimun juga berjalan seperti biasa, kabut asap tidak tampak dengan jelas karena terhalang bangunan ruko dan perumahan penduduk.

"Kami tidak melihat adanya kabut asap di jalanan kecuali dari kawasan yang lebih tinggi. Kabut asap tampak tipis dan sama sekali belum memengaruhi aktivitas sehari-hari," kata Mastur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com