Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vatikan Tak Restui Pengakuan Dosa via iPhone

Kompas.com - 10/02/2011, 20:17 WIB

ROMA, KOMPAS.com — Munculnya aplikasi untuk melakukan pengakuan dosa melalui perangkat digital seperti iPhone, iPad, dan iPod mendapat reaksi penolakan dari Vatikan. Pusat Gereja Katolik di dunia itu menyatakan bahwa pihaknya tidak menyetujui cara-cara tersebut. Pengakuan dosa tidak bisa digantikan hanya di depan perangkat digital.

"Perlu dipahami bahwa ritual penebusan dosa memerlukan dialog personal antara umat yang menyesal dan pastur yang menerima pengakuan dosanya. Hal tersebut tidak dapat digantikan dengan sebuah aplikasi," kata juru bicara Vatikan, Frederico Lombardi, Rabu (9/2/2011).

Ia mengatakan, pihaknya perlu menekankan hal tersebut agar tidak terjadi kebimbangan di kalangan penganut agama Katolik. Sebelumnya, pengembang aplikasi di Amerika Serikat, Little iApps, mengumumkan sebuah aplikasi yang disebutnya dapat mempermudah pengguna perangkat buatan Apple untuk melakukan ritual pengakuan dosa.

Aplikasi tersebut dirancang bekerja sama dengan dua gereja Katolik di AS. Konten dalam aplikasi tersebut sudah mendapat izin Uskup Kevin C Rhoades dari Diose Fort Wayne-South Bend, Indiana. Di dalamnya terdapat fitur tata cara melakukan pengakuan dosa, menulis daftar penyesalan, dan denda apa yang harus dikerjakan. Pengguna dapat membuat profil yang terkunci dengan aman dan mengecek semua prosesi yang pernah dilakukannya.

Little iApps menarik ongkos 1,99 dollar AS bagi siapa saja yang akan mengunduh aplikasi tersebut melalui iTunes. Aplikasi bernama "Confession: A Roman Catholic App" itu tersedia untuk iPad, iPhone, dan iPod Touch.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com