Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bulog Wajib Beli Beras Petani 3,5 Juta Ton

Kompas.com - 09/02/2011, 10:48 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Bulog wajib membeli minimum 3,5 juta ton beras petani untuk mengamankan stok beras pemerintah sebanyak 1,5 juta ton setiap saat tahun 2011. Ini perlu mendapatkan dukungan maksimal karena semua negara di dunia memang melakukan pengamanan stok pangannya, menyusul ketidakpastian iklim yang diperkirakan terjadi tahun ini.

"Kami juga menyiapkan anggaran cadangan risiko fiskal sebesar Rp 2 triliun tahun ini untuk mendukung kebijakan pangan itu," ujar Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa di Jakarta, Rabu (9/2/2011).

Hatta juga memperhatikan kecenderungan pasokan pangan dunia yang kemungkinan besar akan sulit dipenuhi. Ini antara lain terlihat dari komoditas kedelai. "Bayangkan China saja akan impor kedelai 45 juta ton. Ini harus diperhatikan," katanya.

Pemerintah juga optimis, stok beras di Bulog akan naik ke level 2 juta ton setiap saat. "Kita akan mengarah ke sana (stok beras di Bulog 2 juta ton). Namun, untuk tahun ini kita mulai secara bertahap sebesar 1,5 juta ton lebih dulu," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com