Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Digagalkan, Pengiriman 13 TKI Ilegal

Kompas.com - 07/02/2011, 16:49 WIB

KARAWANG, KOMPAS.com — Jajaran Polsek Kota Baru, Karawang, Jawa Barat, menggagalkan pengiriman 13 calon TKI yang diduga ilegal di jalan raya Jenderal Sudirman, Kota Baru, Karawang, Senin (7/2/2011).

"Pada awalnya, kami hanya ingin memeriksa surat-surat kendaraan yang mengangkut calon TKI itu, karena kendaraan terlihat overload. Tetapi, yang bersangkutan tidak memberikan surat-suratnya dan setelah diperiksa kami menemukan dua paspor," kata Kepala Polsek Kota Baru, Ajun Komisaris M Ilham, di Karawang.

Petugas menemukan dua paspor dengan daerah tujuan Taipei, Taiwan, dan Arab Saudi di dalam dua kendaraan yang diberhentikan tersebut.

Kendaraan yang diberhentikan dan ternyata mengangkut calon TKI yang diduga ilegal itu ialah kendaraan jenis Daihatsu Grand Max B-8761-YJ dan Suzuki APV B-2864-RD.

Ketika ditanya, mereka yang ada di mobil itu mengaku akan membesuk saudaranya di sebuah rumah sakit di Jakarta. Tetapi jawabannya tidak disampaikan secara jelas.

"Kami teruskan kasus ini ke Polres Karawang untuk pemeriksaan lebih lanjut, dan sekarang ke-13 calon TKI itu sedang dalam pemeriksaan," kata Kapolsek.

Para calon TKI tersebut mengaku berasal dari Kabupaten Subang dan Indramayu. Mereka diduga akan diberangkatkan ke Taiwan dan Arab Saudi sebagai TKI melalui perusahaan jasa tenaga kerja Indonesia (PJTKI) PT Amalindo, beralamat di Condet, Jakarta Timur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com