Digagalkan, Pengiriman 13 TKI Ilegal

Kompas.com - 07/02/2011, 16:49 WIB
EditorBenny N Joewono

KARAWANG, KOMPAS.com — Jajaran Polsek Kota Baru, Karawang, Jawa Barat, menggagalkan pengiriman 13 calon TKI yang diduga ilegal di jalan raya Jenderal Sudirman, Kota Baru, Karawang, Senin (7/2/2011).

"Pada awalnya, kami hanya ingin memeriksa surat-surat kendaraan yang mengangkut calon TKI itu, karena kendaraan terlihat overload. Tetapi, yang bersangkutan tidak memberikan surat-suratnya dan setelah diperiksa kami menemukan dua paspor," kata Kepala Polsek Kota Baru, Ajun Komisaris M Ilham, di Karawang.

Petugas menemukan dua paspor dengan daerah tujuan Taipei, Taiwan, dan Arab Saudi di dalam dua kendaraan yang diberhentikan tersebut.

Kendaraan yang diberhentikan dan ternyata mengangkut calon TKI yang diduga ilegal itu ialah kendaraan jenis Daihatsu Grand Max B-8761-YJ dan Suzuki APV B-2864-RD.

Ketika ditanya, mereka yang ada di mobil itu mengaku akan membesuk saudaranya di sebuah rumah sakit di Jakarta. Tetapi jawabannya tidak disampaikan secara jelas.

"Kami teruskan kasus ini ke Polres Karawang untuk pemeriksaan lebih lanjut, dan sekarang ke-13 calon TKI itu sedang dalam pemeriksaan," kata Kapolsek.

Para calon TKI tersebut mengaku berasal dari Kabupaten Subang dan Indramayu. Mereka diduga akan diberangkatkan ke Taiwan dan Arab Saudi sebagai TKI melalui perusahaan jasa tenaga kerja Indonesia (PJTKI) PT Amalindo, beralamat di Condet, Jakarta Timur.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.