Kloter II dari Mesir Tunggu Evaluasi

Kompas.com - 01/02/2011, 17:23 WIB
EditorTri Wahono

JAKARTA, KOMPAS.com - Evakuasi tahap kedua terhadap para warga negara Indonesia di Kairo, Mesir baru akan dilakukan setelah hasil evaluasi evakuasi tahap pertama. Satu pesawat Lion Air tipe Boeing 747-400 dan satu Airbus 320 milik Batavia Air saat ini telah disiagakan.

"Dua pesawat itu akan segera kita berangkatkan. Tapi kita menunggu laporan hasil evaluasi Ketua Tim Evakuasi (tahap pertama) Marsekal Sukirno," kata Ketua Satgas Evakuasi WNI di Kairo, Mesir, Selasa (1/2/2011) di Istana Kepresidenan, Jakarta.

Sambil menunggu evakuasi tahap kedua, KBRI di Kairo, Mesir, diminta terus melakukan sosialisasi soal adanya peluang bagi WNI untuk kembali ke tanah air. Sekitar 400 WNI yang dievakuasi pada tahap pertama dijadwalkan tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada Rabu (2/2/2011) mendatang.

Sementara itu, Hasan mengatakan, pada evakuasi tahap pertama, pemerintah turut membawa bantuan logistik bagi WNI di Kairo, Mesir. "Dari Depkes dari biskuit dan vitamin. Lalu, ada makanan kaleng dari Aslog (Asisten Logistik) TNI," kata Hasan.

Ditambahkan, bantuan tersebut memang belum maksimal. "Namun, Duta Besar RI di Kairo meyakinkan saya, sejauh ini situasi pengadaan pangan masih baik. Penjualan pangan di jalan-jalan masih ramai. Harga masih stabil. Bnelum sampai ada krisis pangan. Karena itu, walaupun bekal yang kita bawa tidak banyak, itu tidak jadi soal," katanya.

Baca tentang


    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X