Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kloter II dari Mesir Tunggu Evaluasi

Kompas.com - 01/02/2011, 17:23 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Evakuasi tahap kedua terhadap para warga negara Indonesia di Kairo, Mesir baru akan dilakukan setelah hasil evaluasi evakuasi tahap pertama. Satu pesawat Lion Air tipe Boeing 747-400 dan satu Airbus 320 milik Batavia Air saat ini telah disiagakan.

"Dua pesawat itu akan segera kita berangkatkan. Tapi kita menunggu laporan hasil evaluasi Ketua Tim Evakuasi (tahap pertama) Marsekal Sukirno," kata Ketua Satgas Evakuasi WNI di Kairo, Mesir, Selasa (1/2/2011) di Istana Kepresidenan, Jakarta.

Sambil menunggu evakuasi tahap kedua, KBRI di Kairo, Mesir, diminta terus melakukan sosialisasi soal adanya peluang bagi WNI untuk kembali ke tanah air. Sekitar 400 WNI yang dievakuasi pada tahap pertama dijadwalkan tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada Rabu (2/2/2011) mendatang.

Sementara itu, Hasan mengatakan, pada evakuasi tahap pertama, pemerintah turut membawa bantuan logistik bagi WNI di Kairo, Mesir. "Dari Depkes dari biskuit dan vitamin. Lalu, ada makanan kaleng dari Aslog (Asisten Logistik) TNI," kata Hasan.

Ditambahkan, bantuan tersebut memang belum maksimal. "Namun, Duta Besar RI di Kairo meyakinkan saya, sejauh ini situasi pengadaan pangan masih baik. Penjualan pangan di jalan-jalan masih ramai. Harga masih stabil. Bnelum sampai ada krisis pangan. Karena itu, walaupun bekal yang kita bawa tidak banyak, itu tidak jadi soal," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com