Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Evakuasi WNI Hadapi Banyak Kendala

Kompas.com - 01/02/2011, 13:15 WIB

JEDDAH, KOMPAS.com — Komandan Tim Pendahulu (Advance) Satuan Tugas Evakuasi WNI di Kairo, Marsekal Madya Sukirno KS, yang juga Wakil Komandan Satgas Evakuasi WNI, Selasa (1/2), menyatakan, meski banyak kendala untuk memulangkan 2.500 WNI dari Kairo, Mesir, pihaknya terus berusaha optimal memulangkan WNI itu ke Indonesia.

Selain kendala komunikasi, juga kendala angkutan bagi WNI dari tiga titik berkumpul di Kairo menuju Bandar Udara Kairo, Mesir, dan waktu yang sempit sejak pukul 08.00-15.00 waktu setempat karena pemberlakuan jam malam yang dimulai sejak pukul 15.00. Demikian disampaikan Sukirno kepada pers, yang menyertai keberangkatan Tim Pendahulu Satgas Evakuasi WNI di ruang tunggu Bandara Jeddah, Arab Saudi, Selasa pagi.

"Kami terus berupaya semaksimal mungkin untuk memulangkan 400 WNI hari Selasa ini dan selanjutnya secara bergelombang sampai 2.500 WNI yang bersedia pulang lebih dulu menunggu situasi reda di Kairo," kata Sukirno.

Menurut Sukirno, bus-bus besar yang direncanakan untuk mengangkut WNI dari tiga titik berkumpul di Sekolah Indonesia, KBRI, maupun di Konsulat Jenderal Indonesia di Naser City, tidak bisa digunakan karena adanya larangan menggunakan bus besar kecuali kendaraan kecil. "Jadi, mulai pukul 08.00 waktu Kairo, kami mulai mengangkut 400 wanita dan anak-anak ke bandara sebelum pukul 15.00 sehingga kita rencanakan sore hari terbang ke Indonesia," kata Sukirno.

Sukirno mengatakan, meski belum terjadi konflik horizontal di Kairo, aman atau tidaknya kondisi Kairo bergantung Presiden Mesir Hosni Mubarak. "Semakin lama eskalasi keamanan akan semakin meningkat," ujar Sukirno. "Salah satu kendala adalah jika kendaraan yang mengangkut WNI tiba-tiba terjebak aksi demo, tentu kami harus menghindari jalan-jalan yang dipakai untuk melakukan aksi demo," katanya.

Saat ini, pesawat Garuda Indonesia Boeing 747-400 yang membawa 19 orang Tim Pendahulu Satuan Tugas Evakuasi WNI dari Kairo, Selasa (1/2) pagi waktu setempat, masih menunggu di landasan parkir Bandar Udara Internasional Jeddah, Arab Saudi. (HAR)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com