Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Delapan Jam Tunggu Perkembangan Kairo

Kompas.com - 01/02/2011, 11:59 WIB

JEDDAH, KOMPAS.com — Komandan Tim Pendahulu (Advance) Satuan Tugas Evakuasi WNI di Kairo Marsekal Madya Sukirno KS, yang juga Wakil Komandan Satgas Evakuasi WNI, Selasa (1/2/2011), menyatakan, waktu delapan jam menunggu di Jeddah, Arab Saudi, karena ada dua faktor. Selain menunggu izin mendarat (landing permit) dari otoritas Bandara Kairo, Mesir, yang tidak ada masalah, juga karena menunggu persiapan berkumpulnya 400 WNI di sekitar Bandara Kairo, yang selanjutnya akan dipulangkan ke Jakarta melalui Jeddah.

Hal itu diungkapkan Sukirno kepada lima media yang menyertai keberangkatan Tim Pendahulu Satgas Evakuasi WNI di ruang tunggu Bandara Jeddah, Arab Saudi, Selasa pagi waktu setempat. "Jadi, selain menunggu izin pendaratan, kami juga sambil mempersiapkan berkumpulnya WNI yang akan dipulangkan dulu ke Indonesia, " kata Sukirno.

Namun, menurut Sukirno, tidak ada masalah pendaratan. "Izin segera kami peroleh dan kami akan memulangkan mereka hari ini juga. Bahwa ada perkembangan kondisi di Kairo, kami masih harus menunggu," ujar Sukirno.

Sukirno menambahkan, sambil menunggu kedua hal tersebut dilakukan, pihaknya sudah meminta Atase Pertahanan di Kedutaan Besar RI di Kairo, Selasa pagi ini, mencari hotel di dekat Bandara Kairo untuk basecamp Satgas Evakuasi WNI, selain berkomunikasi dengan KBRI. "Kami hanya punya waktu dari pukul 08.00 sampai pukul 15.00 waktu setempat untuk memulangkan mereka, sebelum jam malam diberlakukan lagi mulai jam 15.00," ujar Sukirno. (HAR)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com