Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tipe Penikmat Kopi Seperti Apakah Anda?

Kompas.com - 20/01/2011, 08:22 WIB

KOMPAS.com - Karakter Anda bisa dikenali dari pilihan menu yang Anda pesan di kedai kopi. Apakah Anda cenderung konvensional, adventurer, atau mainstream.

"Kebanyakan orang kita (Indonesia -RED) selalu memesan cappuccino saat datang ke kedai kopi. Namun belakangan mulai banyak yang adventurer, berani mencoba berbagai rasa dan racikan kopi," ungkap Iwan Sulaiman, Business Manager PT Trans Coffee (pewaralaba The Coffee Bean & Tea Leaf Indonesia), di gerai Coffee Bean & Tea Leaf, Grand Indonesia, Jakarta, Rabu (19/1/2011) lalu.

Tipe mainstream
Kebanyakan orang tipe ini memesan cappuccino, cafe latte, atau caramel latte, saat memesan kopi. Menurut Iwan, dari pengalamannya mengamati pelanggan di kedai kopi, orang tipe ini cenderung tak ingin mencoba berbagai pilihan menu yang tersedia. Dengan kata lain, penikmat kopi tipe ini cenderung memesan menu yang sama, yang dianggap lebih umum dari segi rasa.

"Meski barista menawarkan berbagai pilihan, biasanya kebanyakan orang gengsi bertanya tentang pilihan menu kopi yang berbeda dari biasanya," katanya.

Tipe adventurer
Penikmat kopi dengan tipe ini cenderung lebih aktif menanyakan detail pilihan kopi yang ditawarkan barista. Sudah menjadi kewajiban barista untuk menjelaskan menu kopi baru atau pilihan menu kopi yang ada di kedai, kata Iwan.

Tipe adventurer cenderung lebih senang mencoba hal baru. Termasuk berbagai racikan kopi yang ditawarkan di kedai yang didatanginya. Pada akhirnya orang dengan tipe ini cenderung lebih kaya pengalaman dalam menikmati kopi. Penikmat kopi yang senang berpetualang rasa kopi ini semakin bertambah jumlahnya sejak setahun belakangan. Apalagi kini kedai kopi semakin sering menawarkan pilihan menu.

Tipe konvensional
Orang dengan tipe ini cenderung konsisten dengan pilihannya. Meski sering datang ke kedai kopi, dan ditawarkan berbagai varian menu kopi, tetap saja yang dipilihnya kopi hitam. "Para ekspatriat cenderung memilih black coffee. Sementara orang kita lebih menggemari kopi yang dicampur susu atau cappuccino," jelas Iwan.

Sementara itu, pilihan minuman lain di kedai kopi juga kerapkali menjadi pilihan. Selain kopi, konsumen cenderung lebih sering memesan cokelat panas dan teh sebagai pilihan terakhirnya. Bagaimana dengan Anda, apa menu favorit yang sering dipesan saat singgah ke kedai kopi?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com