Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Laporkan Segera agar Polisi Bisa Bertindak

Kompas.com - 19/01/2011, 03:43 WIB

Bayangkan, ketika duduk menikmati kopi panas di ruang sejuk Senayan City selama 30 menit, di bagian lain di kota Jakarta dan sekitarnya sudah terjadi tiga kali tindak kejahatan yang mengincar warga kota.

Ini memang gambaran rekaan. Namun, tidak menjadi terlalu rekaan jika Anda tahu fakta bahwa tahun lalu setiap 9 menit 56 detik terjadi satu tindak kejahatan di Jakarta dan sekitarnya.

Korban kejahatan di Jakarta dan sekitarnya bisa menimpa siapa saja. Apalagi, masyarakat juga sulit mengenali pelaku kejahatan sampai beberapa saat sebelum ia menjadi korban.

Namun, yang pasti, kalau Anda menjadi korban atau melihat sebuah tindak kejahatan sedang berlangsung, langkah terbaik adalah segera melaporkan peristiwa itu kepada polisi agar polisi bisa cepat mengambil tindakan.

Langkah kepedulian masyarakat, baik yang menjadi korban maupun kebetulan melihat sebuah tindakan kejahatan sedang berlangsung, untuk segera melapor kepada polisi amat membantu menekan tindakan kriminal di Jakarta dan sekitarnya.

Inilah pesan Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Sutarman kepada masyarakat Jakarta dan sekitarnya jika menjadi korban ataupun kebetulan melihat sebuah kejahatan sedang terjadi. ”Jangan ragu, laporkan saja pada polisi terdekat. Polisi tidak bisa membiarkan kejahatan terjadi di depan mata. Namun, tidak semua wilayah bisa dipantau anggota kepolisian,” ujar Sutarman beberapa waktu lalu.

Personel polisi di wilayah Polda Metro Jaya saat ini 31.152 orang, artinya satu polisi melayani 711 orang. Bukan sebuah kondisi yang ideal. Akan tetapi, perbandingan ini sudah jauh lebih baik dibandingkan wilayah lain di Indonesia.

Sutarman juga berharap masyarakat dapat membantu polisi untuk menumbuhkan budaya hukum yang sehat dan dinamis, dengan mengembangkan kontrol sosial yang positif terhadap kinerja Polri, khususnya Polda Metro Jaya.

Kapolda, yang lebih senang memakai kendaraan patroli ketimbang mobil dinas polisi lainnya ini, punya obsesi bisa menjalin kerja sama dengan pengelola radio di Jakarta agar bisa menjadi alat saling berkomunikasi yang intensif antara pihak kepolisian dan masyarakat.

Kemitraan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com