Menkes : Diberi Penyakit ya Alhamdulillah...

Kompas.com - 17/01/2011, 14:28 WIB
EditorAsep Candra

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih mengaku vonis penyakit kenker yang dideritanya saat ini adalah sebuah anugerah dari Tuhan. Endang tidak menganggap penyakit ini sebagai beban yang akan merintanginya dalam berkarya dan melakukan tugas berat sebagai menteri.

"Orang-orang itu kadang-kadang kalau (menilai) kanker itu vonis begitu. Padahal kanker juga seperti penyakit-penyakit seperti yang lain yang harus kita hadapi. Tidak ada orang yang tidak pernah sakit. Yang membedakan adalah bagaimana kita menyikapi penyakit ini. Saya merasa bersyukur karena Tuhan baik hati sekali. Kalau saya diberi penyakit ya Alhamdulillah, kenapa saya harus senang kalau diberi anugerah, sementara diberi penyakit tidak?" ungkap Endang dalam keterangan kepada para wartawan di Gedung Kemenkes, Jakarta, Senin (17/1/2011).

Ia menjelaskan, bentuk syukur tersebut juga ia wujudkan dengan terus berusaha mengobati penyakitnya  hingga benar-benar sembuh.  "Saya tetap berupaya menjalani pengobatan di tempat di mana saya menjalankan skirining penyakit yakni di RSPAD, kemudian saya mendapat bantuan dari Rumah Sakit Gading Pluit dan karena ada hal-hal yang mau dikonsultasikan oleh para dokter-dokter khusus tersebut, saya juga berobat ke Guangzhou (Cina)," jelasnya.

Saat ini, proses pengobatan penyakit masih tetap dijalani oleh Menkes. Namun begitu proses terapi pengobatan ini tidak mengganggu kesibukannya sehari-hari sebagai pimpinan tertinggi  Kementerian Kesehatan.  "Tidak mengganggu aktivitas," tegasnya.

Bahkan di sela-sela kesibukannya, Menkes Endang mengaku masih aktif dan menjaga kebugarannya dengan berolahraga. "Saya masih berenang dua hingga tiga kali seminggu, kalau kebetulan ke rumah. Jalan naik turun tangga juga masih. Apalagi memimpin rapat juga masih. Jadi Insya Allah saya diberi kekuatan untuk terus bekerja dan menjalankan amanah yang diberikan kepada saya," papar menteri kelahiran 1 Februari 1955 itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.