Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pulangkan TKI dengan Rp 1.000 Saja

Kompas.com - 12/01/2011, 11:50 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Puluhan aktivis dari Migrant Care dan lembaga swadaya masyarakat lain, Rabu (12/1/2011), menggelar aksi penggalangan dana bagi pemulangan 200 tenaga kerja Indonesia yang telantar di kolong jembatan Kendarah, Jeddah, Arab Saudi.

Aksi dilakukan dengan mengharapkan bantuan Rp 1.000 dari para pengguna jalan di Bundaran Hotel Indonesia. Dalam aksinya, para aktivis Migran Care itu mengenakan baju putih bertuliskan "Rp 1.000 untuk Pemulangan TKI". Mereka bergerak ke Jalan Thamrin, seputaran Bundaran Hotel Indonesia.

Dengan membawa kotak kardus, mereka meminta keikhlasan pengendara yang lewat atau pejalan kaki di sekitar Bundaran HI untuk menyumbang. "Dengan segala keterbatasan, terutama kaum perempuan dan anak-anak bertahan hidup untuk mempertahankan nasib mereka di kolong jembatan," ujar Direktur Migrant Care Anis Hidayah di Bundaran HI, Jakarta.

Berdasarkan pengamatan Kompas.com, kotak-kotak kardus yang dibawa para aktivis penggalangan dana mulai terisi lembaran uang Rp 1.000 atau Rp 2.000.

Ditargetkan, aksi tersebut dapat mengumpulkan uang hingga Rp 1,7 miliar yang akan diberikan ke Kementerian Luar Negeri untuk membantu pemulangan para TKI. Aksi tersebut juga melibatkan anggota keluarga TKI bernama Halimah yang meninggal di kolong jembatan Kendarah pada 2009. "Di bawah jembatan, sakit, sudah 1,5 tahun. Alhamdulillah sekarang sudah dikembalikan tapi yang lain ada yang belum dikembalikan. Sekarang ada yang masih sakit di sana," kata Kohar.

Selain keluarga korban, tokoh masyarakat seperti Romo Benny Susetyo hadir di tengah aksi penggalangan dana. Pihak kepolisan tampak menjaga aksi tersebut. Pemantauan Kompas.com, arus lalu lintas di Bundaran HI tidak terganggu ramainya aksi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com