Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penumpang Pelabuhan Merak Naik 10 Persen

Kompas.com - 31/12/2010, 04:12 WIB

MERAK, KOMPAS.com - Jumlah penumpang di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon mulai Jumat (31/12/2010) sampai awal tahun 2011 diprediksi meningkat sebesar 10 persen, sementara pihak PT ASDP mengantisipasi dengan pengoperasian 28 buah kapal Roll on Roll off.

"Perhitungan kami peningkatan selama dua hari, mulai Jumat sampai Sabtu akan mengalami peningkatan lima sampai 10 persen," kata Ketua Gabungan Pengusaha Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (Gapasdap) Merak, Kota Cilegon, Togar Napitupulu, Jumat.

Dia menjelaskan, peningkatan penumpang di penghujung tahun dan awal tahun ini disebabkan  libur sekolah. "Mengisi hari libur, biasanya masyarakat selain melakukan wisata, juga mengunjungi sanak familinya," katanya.

Selain itu prediksi peningkatan penumpang itu juga dilihat dari pengalaman  tahun sebelumnya. "Sesuai dengan pengalaman-pengalaman yang sudah-sudah peningkatan penumpang di Pelabuhan Merak berkisar pada angka tersebut," katanya.

Sebelumnya, Kepala Cabang PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Merak, Teja Suparna menjelaskan, untuk menghadapi lonjakan dan peningkatan penumpang dan kendaraan di Pelabuhan Merak, pihaknya menyiapkan 28 kapal roro.

"Selain itu, untuk memenuhi permintaan penumpang, kami juga akan mengoperasikan kepal cepat," katanya. Namun hal itu tentunya, disesuaikan dengan kondisi cuaca dan situasi di pelabuhan.

"Diharapkan cuaca bersahabat, sehingga proses penyeberangan berjalan lancar, tidak seperti sebelumnya karena gelombang tinggi dan angin kencang, maka proses penyeberangan menjadi terganggu, dan mengakibatkan terjadi antrean kendaraan," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com