Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus Transjakarta Cililitan-Tanjung Priok Siap Beroperasi

Kompas.com - 28/12/2010, 04:32 WIB

JAKARTA, KOMPAS - Setelah menjalani tiga kali uji coba, bus transjakarta koridor X Cililitan-Tanjung Priok dijadwalkan beroperasi mulai 31 Desember 2010. Untuk mengantisipasi kemacetan di pintu masuk Terminal Tanjung Priok, Dinas Perhubungan DKI Jakarta menyiagakan 11 petugas di pintu masuk terminal.

Kepala Terminal Tanjung Priok Parulian T mengatakan, mulai 31 Desember, pihaknya akan mensterilkan kendaraan di Jalan Taman Stasiun, mulai dari Stasiun Tanjung Priok hingga Terminal Tanjung Priok. Masalahnya, di titik itu jalur bus transjakarta memotong jalur kendaraan umum.

”Arus kendaraan di Jalan Taman Stasiun, tepatnya di pintu masuk ke Terminal Tanjung Priok, agak kacau. Untuk mengatasi kemacetan di titik tersebut, kami menyiagakan petugas selama 24 jam penuh,” kata Parulian, Senin (27/12) di Tanjung Priok.

Sebelum dioperasikan, di koridor X Cililitan-Tanjung Priok telah tiga kali uji coba bus transjakarta, yaitu pada 17 Desember, 22 Desember, dan 27 Desember 2010. Semua proses uji coba mendapat pengawalan ketat.

Pada saat jam ramai, yaitu pagi dan sore hari, jalur transportasi di Terminal Tanjung Priok selalu padat. Antrean kendaraan terjadi di sekitar Terminal Tanjung Priok yang sempit dan berada di tengah Jalan Stasiun Tanjung Priok dan Jalan Taman Stasiun.

”Setelah Jalan RE Martadinata dibuka, 8 Desember 2010, lalu lintas di terminal relatif lancar. Kami akan mengusahakan pengoperasian bus transjakarta besok lancar,” ujar Parulian.

Rencananya, di koridor X Cililitan-Tanjung Priok beroperasi 17 bus transjakarta. Bus yang beroperasi meliputi gandeng dan tunggal.

Untuk mengurangi kemacetan di Terminal Tanjung Priok, menurut Parulian, pihaknya menertibkan seluruh angkutan ilegal dan tukang ojek dilarang masuk ke terminal. Sementara angkutan umum legal diwajibkan masuk ke terminal.

”Hanya angkutan legal yang kami perbolehkan masuk terminal. (Angkutan) yang ilegal kami usir,” ujar Parulian.

Tahun Baru di Ancol

Dalam rangka mengantisipasi ledakan pengunjung pada pergantian tahun, PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk bekerja sama dengan Transjakarta untuk mengoptimalkan frekuensi bus transjakarta.

”Pada malam Tahun Baru, pengunjung Ancol diperkirakan mencapai 280.000 orang. Kami meminta pengelola bus transjakarta untuk menambah jam operasional minimal sampai pukul 23.00 atau hingga pukul 01.00,” kata Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk Budi Karya.

Tepat pada malam Tahun Baru, di Ancol ada pesta kembang api dan pergelaran musik. Rencananya, pesta kembang api berlangsung di delapan titik lokasi.(ABK)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com