Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

'Nonton' Langsung Bikin Merinding

Kompas.com - 17/12/2010, 01:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Menonton langsung pertandingan Indonesia melawan Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) tak seperti menyaksikan lewat televisi. Ada kontak langsung secara nyata, termasuk secara batin. Keterlibatan emosi saat menonton langsung juga sangat kuat.

Wajar, banyak pendukung Indonesia merasa merinding, apalagi saat lagu kebangsaan Indonesia dinyanyikan. Demikian juga saat nyanyian dan sorakan dipekakkan demi mendukung Firman Utina dkk. Semakin merinding lagi ketika Indonesia mencetak gol lewat sundulan Cristian Gonzales.

Hesti (45) mengaku senang bisa menemani anaknya menonton langsung pertandingan antara Indonesia dan Filipina. "Beda rasanya dengan menonton televisi. Saya sampe merinding," aku Hesti.

Jangan berpikir jika dukungan untuk timnas Indonesia hanya datang dari orang dewasa. Anak-anak pun mencoba memberi dukungan maksimal. Bagi Noval (11), Adam (9), dan Febri (7), berada di SUGBK menjadi pengalaman yang tidak tergantikan.

"Udah tiga kali nonton di sini, kemarin waktu melawan Malaysia sama Laos dan sekarang ini," kata Noval yang mengaku senang bisa melihat aksi Firman Utina dan kawan-kawan secara langsung.

Noval, Adam, dan Noval adalah teman satu kompleks perumahan Bank Indonesia di Jakarta Timur dan masih duduk di bangku sekolah dasar. Mereka sudah berada di SUGBK sejak sore. Berangkat dari rumah yang berada di Jakarta Timur pukul 15.00 WIB, kemudian menunggu di luar stadion hingga pintu gerbang dibuka.

Berada di tribun atas (kategori tiga) tidak menghalangi Noval, Adam, dan Febri untuk tetap bersorak dan memberikan dukungan kepada timnas Indonesia. Hal itu pun lebih terasa saat mereka menyaksikan sundulan Cristian Gonzales berhasil menggetarkan gawang Filipina.

"Besok masuk sekolah, enggak ngantuk dan tetap bisa ngikutin pelajaran," kata Adam yang datang bersama keluarganya.

Pertandingan semifinal putaran pertama Indonesia melawan Filipina dimenangkan oleh Indonesia lewat gol semata wayang Cristian Gonzales pada menit ke-32. Adapun pertandingan putaran kedua berlangsung pada Minggu (19/12/2010).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com