Kosovo Tercoreng HAM Eropa

Kompas.com - 15/12/2010, 21:42 WIB
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com – Draf laporan badan HAM Eropa kali ini mencatat nama Perdana Menteri Hashim Thaci. Mantan pemimpin sayap politik Tentara Pembebasan Kosovo (KLA) ini mendapat tudingan terlibat perdagangan organ tubuh manusia dan narkoba.  Draf laporan menyebut nama Hashim Thaci sebanyak 27 kali.

Pemerintah Kosovo menolak isi draf tersebut dan menyatakannya ''tanpa dasar dan fitnah''. Laporan tersebut akan diterbitkan pada  Kamis di Strasbourg.

Rancangan laporan itu hasil investigasi dua tahun oleh pelapor khusus badan HAM Eropa, Dewan Eropa, Dick Marty, sebagaimana warta AP dan AFP pada Rabu (15/12/2010).

Faksi Drenica di jajaran KLA yang dipimpin oleh Thaci dituduh terlibat dalam kejahatan terorganisasi, termasuk bisnis narkoba dan organ tubuh manusia. Bukti bahwa kegiatan kejahatan terorganisasi berlanjut hingga sekarang juga disajikan.

Dalam reaksi pertama, pemerintah Kosova memperingatkan langkah hukum dan politik mungkin diambil sebagai reaksi atas 'fitnah'.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.