Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perlunya Belajar Ilmu Pemasaran

Kompas.com - 12/12/2010, 15:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi kalangan muda yang baru saja menyelesaikan pendidikan tinggi, ada kesulitan tersendiri saat mencari penghasilan. Mereka perlu mempelajari ilmu marketing untuk membantu memperkenalkan produk kepada pasar.

"Mereka bersekolah atau kuliah, bukan untuk mencari uang, melainkan untuk menuntut ilmu atau melakukan penelitian dan pengembangan. Mereka kemudian hendaknya belajar marketing agar penjualan produknya bisa sukses," kata Bambang Istiedi, mentor Business Consultation Day (BCD), Minggu (12/12/2010) di areal lari pagi, Pintu XII Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Bambang menilai, untuk menghasilkan produk yang baik, perlu kemampuan yang baik pula, termasuk marketing skill. "Kalau skill-nya baik, maka hasilnya baik. Begitu pula sebaliknya," tegasnya.

"Banyak produk awalnya tidak bisa dipasarkan. Jadi pada saat seseorang masuk ke dunia wirausaha, masih buta sekali dan perlu belajar dan belajar," tambah dia.

Bagi Anda yang baru menjadi seorang entreprenur, yang terpenting adalah bagaimana mencari sumber daya dan pasar. Setelah tahu akan pasar yang dibidiknya, tinggal dipikirkan cara marketing. "Itulah yang kita perlu sama-sama belajar dari dunia pemasaran produk ini," kata Bambang.

BCD merupakan kegiatan rutin setiap dua bulan sekali yang diselenggarakan oleh Indonesia Business Links (IBL), sebuah organisasi nirlaba yang bergerak dengan misi praktek bisnis beretika dan kemitraan untuk pembangunan. BCD yang sudah digelar sejak 2008 ini adalah bagian dari Program Young Entrepreneurs Start-up (YES).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com