Asmara Nababan Raih Yap Thiam Hien Award - Kompas.com

Asmara Nababan Raih Yap Thiam Hien Award

Kompas.com - 08/12/2010, 16:25 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mantan pegiat HAM Almarhum Asmara Nababan memenangkan Yap Thiam Hien Award 2010. Penghargaan akan diterima oleh pihak keluarganya dalam acara penyerahan penghargaan di Pusat Perfilman Umar Ismail, 10 Desember mendatang.

Ketua penyelenggara penghargaan Todung Mulya Lubis mengatakan Asmara dipilih karena dinilai konsisten dalam memperjuangkan dan menegakkan hak asasi manusia di Indonesia selama hidupnya.

"Asmara Nababan sepanjang aktivitasnya tak lelah, tak kenal kompromi ketika harus berhadapan dengan kekuasaan atau elit politik yang melakukan pelanggaran HAM meskipun kadang ancaman atau teror menderanya," tegasnya dalam keterangan pers di Gedung Mahkamah Konstitusi, Rabu (8/12/2010).

Menurut pengacara senior ini, Asmara mengawali perjuangannya terhadap HAM sejak bergabung di Komnas HAM tahun 1991. Asmara terus berjuang hingga menutup usia pada 28 Oktober lalu tanpa mencari pujian dan penghargaan.

"Dia tokoh yang sangat low profile. Hadir dalam tiap pertemuan dan nyatakan sikapnya tanpa kompromi," tambahnya.

Salah satu dewan juri pemilihan, Siti Musdah Mulia, menambahkan Asmara dipilih karena memenuhi seluruh syarat, seperti komitmen tinggi terhadap HAM, peduli terhadap kelompok-kelompok marginal, terutama kelompok masyarakat di Tanjung Priok, kaum buruh, dan rakyat Timor Leste dan juga buruh migran. Asmara juga dinilai memiliki kesetiaan terhadap profesinya.

"Yang paling penting, beliau memiliki konsistensi sampai akhir hidupnya," tegasnya. Asmara terpilih dari 12 nominasi lainnya melalui sudang dewan juri yang terdiri dari mantan Duta Besar RI untuk PBB di Jenewa Makarim Wibisono, dosen UIN Syarif Hidayatullah Siti Musdah Mulia, Guru Besar Psikologi UI Saparinah Sadli, mantan hakim Mahkamah Konstitusi Maruarar Siahaan dan praktisi hukum Sri Indrastuti Hadiputranto. 


EditorR Adhi KSP

Close Ads X