Busyro Jadi Ketua KPK

Kompas.com - 25/11/2010, 17:52 WIB
EditorTri Wahono

JAKARTA, KOMPAS.com — Sekali lagi, Busyro Muqoddas jadi bintang di ruang Komisi III DPR RI, Kamis (25/11/2010). Meski baru saja terpilih sebagai pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi melalui mekanisme voting, Busyro kembali terpilih melalui voting menjadi Ketua KPK yang baru.

Dengan demikian, Busyro akan memimpin KPK hingga Desember 2011. Busyro mengalahkan empat pimpinan KPK lainnya yang juga menjadi kandidat, yaitu Haryono, M Jasin, Bibit S Rianto, dan Chandra M Hamzah, yang sudah menjalani masa jabatan sebagai pimpinan KPK selama tiga tahun. Busyro menang telak dengan 43 suara. Dia mengalahkan calon lainnya, Bibit dengan 10 suara dan Jasin yang hanya mengantongi 2 suara.

Di awal, terjadi perdebatan di antara anggota Komisi III mengenai mekanisme pemilihan Ketua KPK. Fraksi Golkar dan PDI-P keukeuh dengan pendiriannya untuk menggunakan mekanisme voting dalam pemilihan Ketua KPK. Sementara fraksi lain berkehendak pemilihan dilakukan secara aklamasi.

"Karena saat ini memilih orang, maka harus dilakukan secara voting. Karena ini menyangkut orang, maka harusnya dilakukan secara tertutup," kata Wakil Ketua Komisi III Azis Syamsuddin yang berasal dari Fraksi Golkar. Perdebatan sempat memuncak. Namun, akhirnya Ketua Komisi III DPR RI Benny K Harman mengetuk palu untuk penggunaan mekanisme voting.

Baca tentang


    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X